Lakukan 7 Kegiatan Sederhana Ini, Bisa Mencerdaskan Otak

Sabtu 13-07-2024,09:38 WIB
Reporter : Surya Elviza
Editor : Surya Elviza

Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga sangat baik untuk otak. Aktivitas fisik bermanfaat meningkatkan aliran darah ke otak. Ini juga bisa meningkatkan fungsi kognitif dan memori.

Olahraga seperti berjalan kaki, berlari, atau yoga disinyalir cukup membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

4.Meditasi

Meditasi dan praktik mindfulness akan sangat membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Kedua aktivitas ini melibatkan fokus pada pernapasan dan pikiran.

BACA JUGA:Buntut Pembangunan CPO di Desa Sembubuk, Dewan Panggil DPMPTSP, DLH dan Dinas PUPR Muaro Jambi

BACA JUGA:Ribuan Kendaraan Dinas Kerinci Menunggak Pajak, Samsat Sebut Padahal Sudah Dianggarkan

Aktivitas ini bisa meningkatkan perhatian dan kesadaran diri. Ini juga membuat suasana hati makin bahagia. Kebahagiaan cenderung bikin otak berpikir lebih baik.

5. Membaca Buku

Membaca adalah salah satu cara paling efektif untuk merangsang otak. Ketika kamu membaca, otak bekerja untuk memproses informasi, memahami konteks, dan menghubungkan ide-ide.

Membaca berbagai jenis buku, mulai dari fiksi hingga non-fiksi, akan membantumu memperluas pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

6. Bermain Teka-teki

Teka-teki silang, Sudoku, dan permainan otak lainnya akan cukup membantu melatih otak untuk berpikir logis dan memecahkan masalah.

Aktivitas sederhana ini akan membantumu merangsang berbagai bagian otak, meningkatkan daya ingat, dan kemampuan konsentrasi.

7. Menjaga Pola Makan Sehat

Makanan yang kita konsumsi memiliki dampak besar pada kesehatan otak. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, seperti buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, dan kacang-kacangan, bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan melindungi dari penurunan kognitif.

BACA JUGA:Tim Pengabdian Masyarakat FH UNJA Adakan Sosialisasi Pencegahan Maladministrasi di Bidang Pendidikan

Kategori :