Kapan Malam 1 Suro 2024? Cek Kalender Bulan Suro dan Larangannya

Selasa 02-07-2024,21:16 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

Ini juga dikaitkan dengan kepercayaan sebagian orang Jawa terhadap keberadaan makhluk gaib di bulan Suro, yang akan mencari manusia yang lalai dalam ingat dan waspada (eling lan waspada).

5. Dilarang Pindahan atau Membangun Rumah  

Pindahan atau membangun rumah tidak disarankan pada malam 1 Suro karena dipercaya dapat mendatangkan kesialan.

Bacaan Doa saat Malam 1 Suro

Karena malam Satu Suro bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1446 H, umat Muslim dapat membaca doa akhir dan awal tahun. Berikut bacaan doa tersebut:

Doa Akhir Tahun

```

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

```

Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahan-Mu sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah Engkau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Doa Awal Tahun

```

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

```

Artinya: "Tuhanku, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal.

Kategori :