Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Rabu 05-06-2024,12:31 WIB
Reporter : Kiki Rizky
Editor : Kiki Rizky

3. Dark Chocolate 
Dark chocolate (cokelat hitam) dan bubuk kakao mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan otak, seperti flavonoid, kafein, dan antioksidan. 

Flavonoid yang terdapat dalam cokelat dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak serta mengurangi peradangan, yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif,  daya ingat dan membantu menjaga kesehatan mental seiring bertambahnya usia.

Studi juga menunjukkan bahwa orang yang makan cokelat hitam merasa lebih bahagia dan memiliki keragaman mikrobioma usus yang lebih tinggi. Memiliki efek prebiotik yang mungkin meningkatkan suasana hati.

4. Alpukat 
Alpukat juga merupakan salah satu makanan yang menguntungkan untuk kesehatan otak.

Sebuah studi menyatakan bahwa memakan satu buah alpukat setiap hari dapat meningkatkan fungsi kognitif otak pada orang dewasa yang lebih tua.

Ini mungkin disebabkan oleh peningkatan kandungan lutein di dalam otak. Lutein adalah senyawa karotenoid yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan otak.

5. Sayuran berdaun hijau 
Kale, bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya kaya akan vitamin E dan K, beta karoten, serta folat.

Vitamin E adalah nutrisi penting bagi kesehatan otak karena memiliki sifat antioksidan yang bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Vitamin K telah terbukti meningkatkan kecerdasan memori, sementara beta karoten dapat mengurangi penurunan fungsi kognitif.

Folat mendukung kinerja sistem saraf, termasuk otak, sumsum tulang belakang, dan sel saraf.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Hp Redmi Note 13 Series, Harga Mulai dari Rp2 Jutaan

BACA JUGA:Rekomendasi HP Realme C53, Harga Murah, Paling Laris di Tahun 2024

6. Gandum 
Tanpa energi, otak tidak dapat berfungsi. Kamu dapat memperoleh energi ini melalui konsumsi glukosa, yang banyak terdapat dalam karbohidrat.

Disarankan untuk memilih karbohidrat kompleks, seperti roti gandum utuh, karena mereka melepaskan energi secara bertahap, membantu otak berfungsi secara konsisten.

Di samping itu, makanan dari gandum utuh memiliki vitamin B yang bisa mengurangi peradangan pada otak, mungkin meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

Kategori :