Kebiasaan Buruk Pria yang Dapat Menyebabkan Penurunan Kesuburan

Kamis 30-05-2024,18:59 WIB
Reporter : Shesil
Editor : Shesil

3. Stres berlebih

Dinyatakan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi seseorang. Ini bisa berdampak pada tingkat kesuburan sehingga membuat kehamilan sulit dicapai. Meskipun telah mengonsumsi makanan yang memperbaiki kualitas sperma, stres yang tidak diatasi tetap bisa memengaruhi kemampuan reproduksi tubuhnya.

4. Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan lain yang dapat merusak kesuburan pada pria. Kebiasaan buruk ini tidak hanya mempengaruhi kesuburan, tetapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dikemukakan bahwa DNA pada sperma perokok mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, sehingga mengurangi kemungkinan pembuahan yang normal dan mencapai kehamilan yang sehat. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat mengakibatkan organ intim pria berbau tidak sedap dan tidak sehat.

BACA JUGA:Samsung Galaxy A25 5G: Rekomendasi HP 3 Jutaan yang Pasti Sudah Upgrade Performanya

BACA JUGA:Resep Tahu Penyet Cocok Untuk Lauk atau Sekedar Untuk Cemilan Saja

5. Kurang tidur

Orang yang sering begadang mungkin mendapati bahwa kualitas sperma menurun saat diperiksa. Pria yang tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya dapat mengalami penurunan kesuburan sebesar 31 persen, sehingga sulit untuk membuahi sel telur.

Ketika kurang tidur, tubuh menghasilkan lebih sedikit hormon testosteron yang memiliki peran penting dalam produksi sperma. Oleh karena itu, penting bagi setiap pria untuk mendapatkan tidur yang cukup, yakni sekitar 7-8 jam setiap malam.

6. Menyimpan ponsel di saku

Ternyata, kebiasaan pria menyimpan ponsel di saku bisa berpengaruh besar pada tingkat kesuburan mereka. Ini disebabkan oleh paparan radiasi ponsel yang bisa mengurangi mobilitas sperma.

Di samping itu, suhu yang tinggi dari ponsel juga dapat mengakibatkan peningkatan suhu di sekitar daerah selangkangan, yang bisa mengganggu pembentukan sperma.

BACA JUGA:Para Catin Harus Tau Ini Ya! 8 Isi Seserahan yang Wajib Kamu Cicil

BACA JUGA:Bisa Jadi Dosa! 10 Kebisaan Buruk Orang Tua yang Tidak Sadar Sering Dilakukan

7. Mengonsumsi dagang olahan 

Kategori :