Jangan Keseringan Hangout, Ini 3 Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Z, Milenial Wajib Tahu

Jumat 06-10-2023,04:30 WIB
Reporter : Jambi-independent.co.id
Editor : Surya Elviza

Apalagi jika kamu memiliki rencana seperti menikah, membeli rumah, renovasi rumah, beli kendaraan, liburan dan lainnya.

Kamu bisa membuat tabungan khusus untuk masing-masing rencana itu. Setiap bank menawarkan berbagai jenis tabungan rencana.

Nasabah bisa membuat tabungan berjangka untuk membantu kamu bisa menyisihkan uang setiap bulannya. Coba dulu dari langkah kecil, nominal kecil asalkan konsisten.

2. Keuangan Pribadi.

BACA JUGA:Baru Saja Ditutup, Zulhas Nyatakan Siap Bantu Jika TikTok Shop Buka Lagi di Indonesia

BACA JUGA:Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Kehutanan

Kamu perlu mengetahui dan mengenal bagaimana kondisi keuangan yang dimiliki saat ini. Berapa uang bulanan atau gaji yang dimiliki.

Kemudian, kamu bisa membuat anggaran belanja atau pengeluaran setiap bulannya. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan.

Jika hal itu terjadi maka ada bagian pengeluaran yang harus dikurangi. Pada saat membuat anggaran pengeluaran itu ada beberapa bagian seperti kebutuhan pokok, tabungan, dana darurat, dana sosial, hingga hiburan.

Kamu bisa menghemat pengeluaran yang sebenarnya kurang penting. Misalnya belanja pakaian, sepatu, nongkrong di kafe, tas, kosmetik, dan lainnya. Pahami betul berapa pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

BACA JUGA:Sidak ke Puskesmas Desa Kebun IX, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Ngaku Kecewa, Ini Alasannya

BACA JUGA:HUT ke-78 TNI, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Harap TNI - Polri Makin Solid

3.  Pemasukan Lain.

Bagi generasi z yang ingin menata finansial mapan sejak dini, cobalah berpikir untuk mencari pemasukan lainnya. Meskipun masih sekolah atau kuliah, ada berbagai cara untuk mendapatkan tambahan pemasukan.

Setelah mengetahui bagaimana kondisi finansial pribadi, ada pertimbangan mencari sumber dana tambahan. Jika bisa melakukan sesuatu untuk tambahan pemasukan, segera eksekusi.

Misalnya mengikuti berbagai event yang menguntungkan seperti pameran UMKM. Fotografer, desainer, hingga penulis lepas (freelance). Menjadi reseller, guru les, tim EO dan lainnya.

Kategori :