Mantap, Punya Predikat ‘Sangat Bagus’, Bank Jambi Raih Rating 1

Kamis 11-08-2022,18:23 WIB
Editor : Risza Saputra

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Sebuah prestasi kembali ditorehkan Bank Jambi. Pada Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 1, Bank Jambi mampu mendapat rating 1.

Skornya paling tinggi di antara bank yang selama 25 tahun berturut-turut mendapat rating ‘sangat bagus’. Ada 36 bank, yang masuk dalam Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 1. Ini merupakan bank bermodal inti sampai Rp6 triliun kelas aset Rp10 triliun sampai di bawah Rp25 triliun.

Nah, dari 36 bank di KBMI 1 kelas aset Rp10 T sampai di bawah Rp25 T, ada 18 bank berhasil meraih predikat “sangat bagus”. Kemudian, ada 9 bank mendapat predikat “bagus” dan 7 bank berpredikat “cukup bagus”. Di sini, Bank Jambi punya prestasi lebih. Bank Jambi mendapat skor tertinggi, yakni 95,03%. 

Selain paling tinggi di kelasnya, total skor yang diraih Bank Jambi ini juga tertinggi di antara bank-bank lain yang ikut serta dalam rating kali ini.

BACA JUGA:Jika Tidak Punya Bendera, Wali Kota Jambi Syarif Fasha Sebut Masyarakat Bisa Minta di Sini

BACA JUGA:Beda Dengan Prediksi Mentan, Zulhas Bantah Harga Mie Instan Bakal Naik Tiga Kali Lipat

Direktur Utama Bank Jambi, Yunsak El Halcon, menjelaskan bahwa pandemi menjadi peluang dan tantangan bagi bank yang dipimpinnya, termasuk sisi teknologi. 

Lanjutnya, pandemi yang mempercepat perkembangan teknologi, membuat Bank Jambi harus terus mengupdate kemampuan information technology (IT) mereka. Selain itu juga update value terhadap sumber daya manusia (SDM), sistem, dan infrastruktur bank.

“Dunia berubah dengan cepat, maka harus diantisipasi. Dalam hal IT, kami rekrut khusus,” kata pria yang biasa disapa bang El ini. Lanjutnya, mereka memang bukan bank digital. Tapi dia ingin Bank Jambi semuanya digital. 

Lanjutnya, mereka memiliki tim kreatif untuk pengembangan produk. “Alhamdulillah, kami menjadi salah satu bank yang terpilih bekerja sama dengan AWS Amazon untuk mengembangkan big data. Dengan data-data ini, nanti kami bisa prediksi, kami mau membuat apa di tahun-tahun berikutnya,” kata bang El.

BACA JUGA:Pembunuh Adik Kandung di Bungo Dituntut 20 Tahun Penjara

BACA JUGA:Waduh! Ini 5 Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan, Salah Satunya Bikin Buncit

Menurut data Biro Riset Infobank (birI), seluruh pos keuangan Bank Jambi tumbuh positif. Labanya tumbuh 13,90% dari Rp275,81 miliar pada 2020 menjadi Rp314,15 miliar pada 2021. Kenaikan laba ini seiring dengan rasio profitabilitas, return on asset (ROA), dan return on equity (ROE) yang juga tercatat tumbuh. 

ROA Bank Jambi mencapai 3,20%, naik dari 3,17% pada tahun sebelumnya. Sementara, ROE-nya 19,37%, naik dari tahun sebelumnya yang tercatat 19,04%. Kredit Bank Jambi juga tumbuh 5,67% dari Rp8,49 triliun pada 2020 menjadi Rp8,98 triliun pada 2021.

Kenaikan kredit bank ini dibarengi dengan kualitas kredit yang baik, tecermin dari non performing loan (NPL) yang terjaga di level 1,12% atau jauh di bawah ketentuan regulator yang sebesar 5%.

Kategori :