Jangan Terlalu Sering Konsumsi Timun, Ini 4 Bahayanya

Rabu 11-05-2022,13:33 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Mentimun termasuk dalam anggota famili Cucurbitaceae yang meliputi labu siam dan berbagai jenis melon seperti;  melon pahit.  

Hal yang menarik dari mentimun adalah Anda dapat memilikinya dalam pilihan yang Anda inginkan seperti salad atau bahkan dimakan mentah karena mengandung banyak nilai gizi.  

Ini adalah sumber tinggi Vitamin K, antioksidan serta flavanol anti-inflamasi yang disebut 'fisetin' yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan otak.  Mentimun memiliki rasa yang ringan dan menyegarkan yang mengurangi dehidrasi dan enak dimakan saat cuaca panas.

Meskipun mentimun sangat disukai, ia memiliki beberapa kelemahan yang harus diwaspadai semua orang.  Kerugiannya adalah;

BACA JUGA:Usai Libur Lebaran, Pemprov Jambi Terapkan WFH 50 Persen 

BACA JUGA:Bayern Munchen Ingin Boyong Sadio Mane dari Liverpool

1. Mentimun yang dimakan pada larut malam akan terbukti terlalu berat pada sistem pencernaan Anda.  Ketika Anda makan sesuatu yang berat atau sarat kalori, dibutuhkan banyak waktu untuk mencerna dan mengganggu siklus tidur Anda.  Itulah mengapa dikatakan bahwa karbohidrat sangat dilarang bagi penggemar kebugaran setelah jam 7 malam.

2. Mentimun mengandung volume air yang baik sekitar 95% air.  Memiliki banyak itu akan membuat Anda merasa "ekstra kenyang" dan kembung.  Jumlah terbatas harus dikonsumsi karena Anda mengambil lebih banyak air dan terikat untuk mengisi kandung kemih dan buang air kecil lebih banyak selama bekerja atau aktivitas sehari.

3. Ini bukan camilan yang ramah untuk semua orang, terutama orang dengan perut sensitif.  Mentimun mengandung bahan yang disebut cucurbitacin, yang diketahui menyebabkan masalah pencernaan.

4. Makan mentimun terlalu banyak memicu Sinusitis, juga dikenal sebagai infeksi sinus.  Ini adalah kondisi medis, di mana saluran hidung Anda terinfeksi dan meradang.  Seseorang yang menderita infeksi sinus akut atau bahkan kronis, sebaiknya mengkonsumsi mentimun dalam jumlah sedikit.

BACA JUGA:Dikarenakan Masalah Software, 194 Mobil BMW iX Kena Recall 

BACA JUGA:Fitur Pelacak Lokasi Facebook Akan Dihapus Akhir Bulan Ini

Dikutip dari pulse.ng, tujuan artikel ini bukan untuk sepenuhnya menghilangkan mentimun dari diet Anda, tetapi Anda harus mengonsumsinya dalam porsi sedang dan mempertimbangkan untuk memakannya sebelum makan malam (setidaknya 20-30 menit sebelumnya).(tav)

Kategori :