Festival Batanghari Tumbuhkan Semangat Sungai Batanghari Bisa Bersih Lagi

Festival Batanghari Tumbuhkan Semangat Sungai Batanghari Bisa Bersih Lagi

Festival Batanghari akan menjadi agenda tahunan-Deki-Jambi-independent.co.id

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -  Pemerintah Provinsi Jambi saat ini tengah menyelenggarakan Festival Batanghari 2022 sebagai rangkaian penutup dari acara Kenduri Swarnabumi. Festival ini sendiri, dilaksanakan mulai dari tanggal 22 sampai 25 September 2022 dan bertempat di kawasan Tanggo Rajo, Kota Jambi.

Usai membuka kegiatan ini secara resmi, Gubernur Jambi Al Haris menyatakan bahwa Festival Batanghari sudah menjadi kalender festival nasional.

"Festival Batanghari ini sudah resmi menjadi kalender nasional, Jambi sendiri mendapatkan tiga event yakni Festival Batanghari, Festival Kerinci dan Festival Candi," katanya.

Al Haris sendiri menekankan Pemerintah Provinsi Jambi mendukung penuh acara ini sebagai bagian dari upaya pelestarian budaya tradisional dan memperkenalkan adat Jambi.

BACA JUGA:Penerbangan Kuala Lumpur-Aceh Kembali Dibuka 3 Oktober 2022, Disbudpar : Momentum Kebangkitan Pariwisata

BACA JUGA:Komisi Yudisial Dukung KPK Bersih-Bersih Sektor Peradilan


"Tentunya kita harapkan bahwa dari festival ini dapat melahirkan karya-karya anak muda kita, kemudian semangat untuk kita agar bagaimana caranya Sungai Batanghari ini dapat bersih seperti semula," tambahnya.

Festival ini juga kata Al Haris, untuk mengingatkan kepada warga Jambi bahwa Sungai Batanghari ini adalah bagian dari sejarah kebudayaan Provinsi Jambi.

"Tentunya kita harapkan juga, bahwa Sungai Batanghari kedepan dapat kita gunakan sebagai jalur perdagangan atau pun angkutan batu bara agar dapat terus meningkatkan perekonomian masyarakat kita," harapnya.

Kegiatan pembukaan festival itu dilakukan di pelataran rumah dinas Gubernur Jambi yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris beserta Istri Hesnida Haris, Perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, seluruh organisasi perangkat daerah Provinsi Jambi, dan perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

BACA JUGA:PB Kahmi Gelar Turnamen Badminton Bersama Harian Pagi Jambi Independent

BACA JUGA:3 Pengedar dan 10 Pengguna Narkotika di Kecamatan Sadu, Tanjab Timur Diringkus


Hal menarik dalam acara festival tersebut yakni adanya pergelaran 'SamuderAsa' Telisik Anak Negeri dengan merangkai beberapa kegiatan diantaranya, rekor muri bubur ayak Jambi, tradisi nating nampan, festival tradisi, fashion show, perahu hias, parade tengkuluk, pameran budaya dan wisata, kuliner, konten kreator dan booth coffee. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: