DEWG G20 Serius Membahas 5 Isu Konektivitas Digital

DEWG G20 Serius Membahas 5 Isu Konektivitas Digital

Menteri komunikasi dan informatika. Foto : jpnn.com--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -
 Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate mencatat  isu yang berhubungan dengan konektivitas digital.
 
Isu penting tersebut dibahasdalam Pertemuan Kedua Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 menyusun dokumen Bali Package.
 
Johnny mengungkapkan pertemuan tersebut menjadi wadah diskusi dan bertukar informasi para delegeasi tentang tiga isu prioritas untuk mempercepat transformasi digital.
 
 
 
“Sebagai tindak lanjut atas kedua pertemuan tersebut, kami juga telah berkonsultasi dengan negara anggota G20 serta berkoordinasi dengan para Knowledge Partner DEWG," kata Johnny.
 
Hasil diskusi itu telah dicatat, dirangkum, dan diolah menjadi rancangan deklarasi Bali Package.
 
Dokumen tersebut, lanjut dia, merupakan hasil diskusi dari Pre-Meeting Workshop dan Pertemuan Pertama DEWG pada Maret 2022 lalu.
 
Adapun tiga isu yang dibahas ialah konektivitas dan pemulihan pascapandemi Covid-19, keterampilan digital dan literasi digital, serta Data Free Flow with Trust (DFFT) dan Cross-Border Data Flow (CBDF).
 
Menurut Johnny, Bali Package akan mencerminkan komitmen G20 dalam mencapai pemulihan yang tangguh melalui kerja sama untuk transformasi digital yang inklusif, berdaya, dan berkelanjutan.
 
 
 
“Untuk memulai penyusunan dokumen Bali Package, pembahasan pada Pertemuan DEWG kedua kali ini, akan difokuskan pada isu prioritas pertama, yakni konektivitas dan pemulihan pascapandemi Covid-19,” ujar mantan legislator itu.
 
Dia juga menyebutkan lima subtopik dalam isu konektivitas dan pemulihan masa pascapandemi Covid-19 seperti dikutip dari jpnn.com.
 
Lima subtopik tersebut terdiri dari People-centered Digital Connectivity, Digital Security as Key Enabler to Support Business Continuity, G20 Digital Innovation Network, Digital Transformation Expo, serta ITU’s Smart Village and Smart Island Initiative. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: