KAI Siapkan 7.982 Perjalanan untuk Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026
Kereta Api (KAI).-ist/jambi-independent.co.id-
JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan total 7.982 perjalanan kereta selama masa Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).
Jumlah tersebut mencakup 7.038 perjalanan reguler serta 944 perjalanan tambahan guna memenuhi lonjakan mobilitas masyarakat di akhir tahun.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menegaskan bahwa masa liburan akhir tahun selalu menjadi periode dengan mobilitas yang sangat tinggi dan berdampak signifikan bagi aktivitas ekonomi nasional.
"Sehingga kesiapan sarana, prasarana, dan pelayanan publik menjadi prioritas utama KAI dalam menjaga kelancaran perjalanan pelanggan di akhir tahun," ujar Anne Purba di Jakarta, Sabtu 22 November 2025.
BACA JUGA:Prabowo Fokus Benahi Kawasan Ilegal Lewat Koordinasi Lintas Lembaga
Dalam kondisi normal, rata-rata terdapat 444 perjalanan KA per hari yang melayani jalur Jawa dan Sumatra.
Penambahan kapasitas ini diharapkan memberi ruang fleksibilitas bagi masyarakat dalam memilih waktu perjalanan sekaligus menjaga layanan tetap stabil di puncak liburan panjang.
Anne menambahkan, angkutan akhir tahun bukan hanya soal layanan transportasi, tetapi juga memberikan dorongan ekonomi yang luas.
"Setiap pelanggan yang bergerak berarti peluang baru bagi sektor wisata, UMKM, hingga aktivitas usaha di berbagai daerah. Karena itu, keberhasilan Angkutan Natal dan Tahun Baru adalah kontribusi nyata KAI untuk menjaga denyut ekonomi nasional tetap berjalan positif," ungkapnya.
BACA JUGA:Inilah 13 Kawasan Megathrust Indonesia yang Berpotensi Memicu Gempa Besar
Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya pelayanan yang responsif dan humanis selama masa Nataru.
"Dalam periode Angkutan Natal dan Tahun Baru, jutaan masyarakat bergerak bersamaan. Setiap perjalanan yang terselenggara dengan selamat dan nyaman akan berdampak langsung pada aktivitas wisata, bisnis, dan perputaran ekonomi daerah. KAI hadir untuk memastikan mobilitas itu terjaga dengan kualitas layanan terbaik," ujarnya, dikutip dari Antara.
Untuk memperkuat pelayanan pelanggan, KAI mengerahkan 170 personel Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun.
Mereka bertugas membantu informasi perjalanan, mendampingi kelompok rentan, hingga menjaga kelancaran arus penumpang.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:




