Temenggung Nyogan Orang Pertama Terima Suntikan

Temenggung Nyogan Orang Pertama Terima Suntikan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SENGETI – Vaksinasi massal di Desa Nyogan, Kecamatan Mestong, Muarojambi, berlangsung semarak. Selain dihadiri Bupati Masnah, tampak Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja ikut mendampingi kunjungan tersebut. Ada yang spesial dari vaksinasi massal Merdeka Siginjai, kemarin (19/8).

Vaksinai kali ini warga suku anak dalam yang bermukim di Desa Nyogan, Kecamatan Mestong, tampak beramai-ramai. Sebanyak 150 warga Nyogan menerima vakisn, termasuk SAD. Warga SAD di Desa Nyogan, merupakan SAD yang sudah berbaur dengan kehidupan masyarakat Nyogan lainya. Mereka tidak lagi hidup berpindah-pindah.

Awalnya acara vaksinasi masaal ini akan diselenggarakan di satu titik dengan menhadirkan warga SAD dan warga desa lainnya. Namun, karena ada warga SAD yang belum memahami pentingnya vaksinasi Covid-19, petugas kesehatan pun rela mendatangi ke rumah dengan berjalan kaki. 

Bupati Masnah bersama kapolres pun berbaur dan memberikan sosialisasi secara humanis. Mereka duduk dilantai papan rumah warga SAD. Menjelaskan pentingnya vaksinasi bagi kesehatan. Setelah sekitar 30 menit memberikan penjelasan, Tumenggung SAD Desa Nyogan, menjadi orang pertama SAD menerima suntikan vaksin Covid-19.

Setelah melihat Temenggung Nyogan menerima vaksin, kemudian warga SAD lain ikut menerima vaksinasi didampingi Bupati dan Kapolres Muarojambi.

Rina, salah seorang warga Suku Anak Dalam (SAD) Desa Nyogan, mengatakan, dia menerima vaksin tanpa paksaan. Ini merupakan vaksin pertama. Dia pun berharap setelah vaksini ini, dirinya dan keluarga terhindar dari Covid-19.

"Aku sudah disuntik vaksin pertamo, rencano mau ngaajak keluarga untuk divaksin. Setelah divaksin da ado gejala apo-apo, biasa bae (saja)," kata Rina, dengan logat bahas daerah Muarojambi yang cukup kental.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Muarojambi yang juga telah memberikan bantuan Berupa paket sembako. "Tidak ada paksaan. Sekali lagi terima kasih pak Kapolres yang telah memberikan bantuan Paket sembako terhadap kami," tutupnya.

Bupati Muarojambi Masnah Busro, disela-sela vaksninasi, mengatakan, ada sebagian masyarakat masih takut untuk divaksin. Namun, pemerintah terus memberikan sosialisasi dibantu tenaga kesehatan dan Polres Muarojambi. "Vaksin itu bagus tidak ada efek, mudah-mudahan masyarakat kita ikut menyukses program vaksinasi hingga 100 persen warga Muarojambi divaksin," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja, mengatakan, pihaknya terus berupaya mengajak warga SAD untuk mengikuti pelaksanaan vaksinasi. "Banyak warga SAD yang tidak mau disuntik vaksin, tapi kita tidak menyerah. Kita berikan sosialisasi pentingnya vaksinasi dan dibujuk agar warga mau divaksin," ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi di Desa Nyogan, Kecamatan Mestong sendiri, kata Yuyan, warga sangat antusias. Bahkan, kegiatan belum dimulai warga sudah banyak yang mengantre dengan menerapkan protokol kesehatan untuk segera disuntik vaksin.

"Alhamdulillah, pelaksanaan vaksinasi warga Desa Nyogan sangat antusias dan warga SAD sebagian sudah ada yang mau divaksin. Kita akan melakukan kegiatan vaksinasi ini secara bertahap," tutupnya. (jun/ira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: