Erdogan: Eropa Harus Tanggung Bersama Imgran Afghanistan

Erdogan: Eropa Harus Tanggung Bersama Imgran Afghanistan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA – Presiden Tayyip Erdogan menegaskan, bahwa Turki tidak berniat menjadi unit penampungan migran Eropa di tengah kekacauan di Afghanistan setelah pengambilalihan oleh Taliban.

Erdogan mendesak negara-negara Eropa agar mengambil tanggung jawab atas migran Afghanistan. Pasalnya, sejak Taliban memasuki Kabul selama akhir pekan, kerusuhan kerap terjadi dan ribuan orang berupaya untuk kabur.

“Eropa perlu memikul tanggung jawab atas warga Afghanistan yang melarikan diri dari negaranya,” kata Erdogan, Kamis (20/8/2021).

Erdogan juga menambahkan, bahwa Ankara telah mengambil tindakan di sepanjang perbatasannya dengan Iran – rute utama bagi migran Afghanistan untuk masuk ke Turki.

“Turki bisa terlibat dalam pembicaraan dengan pemerintahan baru yang akan dibentuk Taliban untuk membahas agenda bersama kami,” ujarnya.

Masyarakat setempat khwatir akan terulangnya penafsiran hukum Islam yang diberlakukan selama pemerintahan Taliban sebelumnya, yang berakhir 20 tahun lalu.

Ribuan orang juga menyeberang masuk ke Turki dalam beberapa pekan terakhir, saat Taliban menyapu Afghanistan dalam perjalanan menuju Ibu Kota Kabul. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: