Al Haris: Jambi Peringkat 2 Pertumbuhan Ekonomi se-Sumatera 

Al Haris: Jambi Peringkat 2 Pertumbuhan Ekonomi se-Sumatera 

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Kota Jambi, Jambi – Gubernur Jambi, Al Haris, mengemukakan, Provinsi Jambi berada di peringkat 2 pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera dengan peningkatan 5,9% setelah Provinsi Bangka Belitung. 

Hal tersebut dikemukakan Al Haris pada Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Jambi Tahun 2022, yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Provinsi Jambi, Kamis (06/01/2022).
 
Perekonomian Provinsi Jambi telah tumbuh sebesar 5,9%, yang artinya pertumbuhan ekonomi Jambi tertinggi kedua se Sumatera setelah Provinsi Bangka Belitung yang berada pada angka 6,1%. Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi tumbuh dengan cepat dan mengalami kenaikan sebesar 2,4 % dari tahun 2020, dimana pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi kita berada pada angka 3,5%. 
 
"Ini langkah yang baik, kita semua harus terus bergerak bersama sama termasuk stakeholder, masyarakat, pemerintah dan swasta dalam mewujudkan Jambi Pulih Jambi Mantap seperti tema yang diangkat pada HUT ke 65 Provinsi Jambi Tahun 2022," ujar Al Haris.
 
Kata dia, tentu semua pihak menginginkan Jambi ini bangkit dari pandemi, pulih dari pandemi, dan ada semangat dari masyarakat untuk bekerja dalam rangka membantu pemerintah agar pandemi ini segera berakhir.
 
"Dengan cara terus menegakkan disiplin terhadap protokol kesehatan, hindari pendatang dari luar daerah yang datang mencurigakan," sambung Al Haris.
 
Al Haris mengajak masyarakat Jambi untuk terus membangkitkan perekonomian akibat terdampak dari pandemi yang melanda karena Jambi memiliki potensi untuk memulihkan perekonomian yaitu dari sektor pertanian dan perkebunan. Ini merupakan langkah awal dalam membangun Provinsi Jambi bangkit dari covid-19, untuk itu semua sektor harus terus berupaya dalam meningkatkan perekonomian Provinsi Jambi. 
 
Lebih lanjut Al Haris meminta dukungan dari Menteri Perhubungan tekait dangan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dan Revitalisasi Bandara Sulthan Thaha dan Bandara Muara Bungo.
 
Pelabuhan ini akan menjadi salah satu daya ungkit pembangunan ekonomi di Provinsi Jambi menuju daya saing ekonomi regional dan internasional yang akan memberikan multiplier effect terhadap pembangunan kawasan-kawasan sekitar sebagai aktivitas pengembangan pusat-pusat kegiatan baru mendukung simpul perkotaan SENgeti-TUngkal-SAbak  (SENTUSA).
 
"Bapak Menteri Perhubungan RI telah sepakat akan membantu pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dan saat ini sedang mencoba menghitung dana operasional yang dibutuhkan sehingga bisa segera dioperasikan dan pembangunannya tidak mangkrak, karena jika dermaga Pelabuhan Ujung Jabung telah dibangun nantinya bisa menampung CPO," kata Al Haris.
 
Selain itu, Al Haris juga meminta kepada Jaksa Agung RI untuk mengawasi kinerja dari Perangkat Pemerintahan yang ada di Provinsi Jambi agar kedepannya tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan, terutama menyangkut kasus hukum.
 
"Kami membutuhkan dukungan dari Bapak Jaksa Agung RI beserta jajarannya dalam memperkuat fungsi pengawasan, terhadap penyelenggaran pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Jambi agar tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Provinsi Jambi telah membangun komitmen bersama dengan unsur Forkopimda dalam menyikapi dan mengantisipasi berbagai hal demi ketenteraman dan kenyamanan masyarakat di Provinsi Jambi maupun yang berkunjung ke Provinsi Jambi," ungkap Al Haris.(*/tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: