Klenteng di Jambi Bersiap Sambut Imlek

Klenteng di Jambi Bersiap Sambut Imlek

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Pada 1 Februari mendatang, masyarakat Tionghoa akan merayakan hari raya Imlek. Untuk itu, tempat ibadah seperti klenteng tak ketinggalan untuk bersolek dan mempersiapkan kebutuhan umat yang akan beribadah di Klenteng yang ada.

Di Klenteng Cheng Hua Keng Kota Jambi, tampak sudah banyak lilin-lilin beragam ukuran yang disiapkan pengurus klenteng bagi umat yang akan beribadah pada malam tahun baru Imlek.

"Biasanya, umat itu mulai ramai yang datang beribadah pada malam menjelang tahun baru Imlek, sekitar mulai jam 23.30, umat mulai datang untuk beribadah, kalau ibadah dan doanya sama saja," kata Kok San, Pengurus Klenteng Chen Hua Keng, Jumat (7/1).

Ibadah Imlek dimulai dengan menyalakan lilin. Ukuran lilin juga bermacam-macam, sesuai dengan keinginan Umat yang akan beribadah. Selain itu, juga sudah banyak Hio dan kertas Kimcua yang disiapkan pengurus klenteng.

"Kalau perayaan meriah mungkin belum ya, namun ibadah seperti biasa juga, perkiraan tahun ini akan lebih ramai dari pada tahun yang kemarin, tapi nanti kita lihat bagaimana," pungkasnya.

Pengurus klenteng nantinya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah mengenai bagaimana pelaksanaan ibadah tahun baru Imlek, tentunya berkaitan dengan pelaksanaan protokol kesehatan dan kapasitas klenteng yang akan digunakan umat beribadah.

Diketahui, saat ini memang Covid-19 di Kota Jambi melandai. Per Kamis (6/1) kemarin, tersisa satu warga Kota Jambi yang masih menjalani perawatan, dan satu RT yang berzona kuning Covid-19 di Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi. Selebihnya, sudah berzona hijau atau kategori aman Covid-19.(dra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: