Di Kelurahan Lebakbandung Fokus Penguatan UMKM

Di Kelurahan Lebakbandung  Fokus Penguatan UMKM

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Awal tahun 2022 ini, Covid-19 di Kota Jambi terus melandai. Kini tak ada tambahan kasus lagi di Tanah Pilih Puskao Betuah ini. Kegiatan pun mulai massif dilakukan, tetap dengan prokes. Ini menjadi gairah tersendiri bagi para pelaku usaha.

Mereka bisa menjajakan jualannya pada pusat keramaian yang sudah dibuka kembali. Melihat hal ini, Pemerintah Kelurahan Lebakbandung pun ingin meningkatkan perekonomian pelaku UMKM di wilayahnya.

Lurah Lebakbandung, Ahmad Fikri Aiman mengatakan penguatan UMKM menjadi pilihan kelurahannya untuk inovasi di tahun 2022 ini.

"Rencana untuk penguatan UMKM di tahun ini. Karena memang di kelurahan kita banyak pelaku UMKM," katanya.

Pelaku UMKM ini, kata dia semasa penerapan PPKM tentu sangat terdampak, lantaran tak bisa berjualan di tempat-tempat umum. Namun, sejak beberapa waktu lalu, pihaknya juga sudah memperkenalkan pelaku UMKM dengan sistem digital.

Mengingat, semasa pandemi, masyarakat kebanyakan hanya di rumah saja. Sehingga penggunaan teknologi cenderung dilakukan.

"Penguatan yang semacam ini ingin kita tingkatkan kepada pelaku usaha. Memperkenalkan dengan digitalisasi, dengan ojek online dam sebagainya, sehingga meski berjualan dari rumah pun, UMKM dapat berjalan," sebutnya.

Namun memang, lanjut Fikri, hal ini masih dalam pembahasan pihaknya. "Kita harus mendata dan mencocokkan terlebih dahulu, agar dapat dengan baik terealisasi dan tersampaikan apa yang jadi outputnya," kata Fikri.

Sementara itu, Camat Jelutung, Rini Yuliani sebelumnya mengatakan bahwa semua kelurahan di wilayahnya memang diharuskan untuk memiliki inovasi di tahun ini. Hanya saja, harus disesuaukan dengan kebutuhan setiap wilayah.

"Jangan hanya inovasi saja, tapi tidak sesuai dengan kebutuhan kelurahan. Inovasi bukan hanya nama, tapi juga dampaknya dirasakan masyarakat," tandasnya.(tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: