Rupanya Ini Penyebab Harga Sawit di Jambi Naik

Rupanya Ini Penyebab Harga Sawit di Jambi Naik

 
JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Kota Jambi, Jambi — Dinas Perkebunan Provinsi Jambi mencatat, selama beberapa pekan ini harga komoditi buah sawit masih alami kenaikan cukup signifikan. Besaran harga buah sawit pun tergantung usai pohon masing-masing sawit itu sendiri.
 
Kadis Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal menjelaskan, masih tingginya harga buah sawit ini juga dipicu kebutuhan negara luar akan buah sawit sebagai bahan pembuat sabun maupun biodiesel. 
 
Apalagi kata Agusrizal, saat ini terjadi peningkatakan pendapatan di beberapa komoditi perkebunan selain buah sawit. Seperti pinang dan kopi.
 
Tertinggi, peningkatan ekonomi tersebut ada di sektor perkebunan rakyat. Seperti perkebunan pinang, perkebunan sawit dan perkebunan kopi. Pasalnya, saat ini permintaan ekspor ke luar negeri terhadap komoditi tersebut meningkat. 
 
"Sampai sekarang dari data statistik BPS yang kita terima, sektor perkebunan rakyat mengalami peningkatan," jelas dia, Kamis (13/1). 
 
Lanjutnya, permintaan ekspor juga tak pernah terganggu lagi akibat Covid-19. Seperti ekspor pinang dan ekspor sawit ke luar negeri. "Kalau petani dari sektor perkebunan ini masih bisa nyimpan atau menyambung dari pendapatan," tukasnya.  (slt/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: