Duh, Sungai Gangga di India Kembali Dipenuhi Warga

Duh, Sungai Gangga di India Kembali Dipenuhi Warga

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID,INDIA - Seakan tak jera atas kasus Covd-19 yang melanda negara India tahun 2021 lalu, diketahui Jumat (14/1) lalu puluhan ribu umat Hindu di India kembali menyesaki Sungai Gangha dalam rangka Festival Magh Mela.

Warga tetap menghadiri festival keagamaan ini, meskipun tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang dipicu oleh varian Omicron.

Para peziarah berkumpul di Sangam, pertemuan tiga sungai, yaitu Gangga, Yamuna dan Saraswati yang berjarak 200 kilometer sebelah timur ibu kota Uttar Pradesh.

Dikutip dari berbagai sumber, Magh Mela, salah satu festival agama Hindu yang diagungkan. Ritual mandi di perairan tersebut diyakini umat Hindu akan menghapus dosa-dosa mereka dan membebaskan mereka dari siklus kematian dan kelahiran kembali.

Padahal, pertemuan serupa di festival Hindu di tahun sebelumnya, membantu menyebarkan varian delta dengan cepat di negara itu dan menjadikan India salah satu negara yang paling parah dilanda COVID-19 di dunia. Pakar epidemiologi menggambarkan festival itu sebagai “acara superspreader''.

Infeksi virus corona, yang dipicu oleh varian omicron, meningkat pesat di berbagai penjuru India. Negara itu melaporkan lebih dari 264.000 infeksi baru pada hari Jumat tetapi kasus rawat inap tetap relatif rendah.

Jutaan umat Hindu diperkirakan akan memadati festival itu selama 47 hari ke depan. Ada kekhawatiran bahwa para peziarah itu dapat terinfeksi dan membawa virus kembali ke kota dan desa mereka di bagian lain di negara itu. (*/zen)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: