Sebar Ribuan Bibit Lele, Puluhan Warga Paal Merah Budidaya Ikan

Sebar Ribuan Bibit Lele, Puluhan Warga Paal Merah Budidaya Ikan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Budidaya ikan lele menjadi pilihan Kelurahan Paalmerah untuk warga yang ingin beternak. Sebanyak 3.000 bibit ikan disiapkan kelurahan, bagi warga yang serius dalam mengelolanya.

Lurah Paalmerah, Endrizal mengatakan, 3.000 bibit ikan tersebut untuk 100 wadah. Pihaknya menamai dengan satu rumah, satu ember. Di mana, ikan dibudidayakan dalam ember berukuran 180 liter.

Kata dia, saat ini baru satu RT yang melakukan budidaya tersebut.

“Saat ini baru satu RT, di RT 17. Dan disebar ke 40 rumah warga,” katanya.

Sisanya, kata Endrizal dibudidayakan di depan taman milik Hatinya PKK. Ke depan, jika evaluasi ini menunjukkan keberhasilan, maka akan dilanjutkan ke RT lainnya.

“Itu juga jika masyarakat bersedia untuk mengelolanya, karena sifatnya tidak ada paksaan,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini bisa dikembangkan jika memang masyarakat serius dalam mengelola. Setidaknya, kata dia, masyarakat tak perlu membeli ikan lagi untuk makan sehari-hari. Namun memang, masyarakat harus bersedia untuk merawat dan mengelolanya.

“Karena terkadang ada yang mungkin kesulitan untuk pakan ikannya. Atau ada juga yang merasa 30 ekor bibit ikan itu terlalu sedikit. Tetapi kalau serius, ada juga yang bisa,” ujarnya.

Endrizal menyebut, pada Februari mendatang saat panen, pihaknya akan berdiskusi dengan ketua RT dan warga terkait pelaksanaan ini.

“Kita perlu evaluasi agar ini berjalan dan ada hasil. Kalau cuma disebar saja lalu tidak ada evaluasi, tentu tidak ada pembenahan nantinya,” tandasnya. (tav/enn)



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: