3.400 Kasus Covid-19 per Hari di China, Terburuk Dalam 2 Tahun

3.400 Kasus Covid-19 per Hari di China, Terburuk Dalam 2 Tahun

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Otoritas kesehatan China melaporkan, saat ini hampir 3.400 kasus Covid-19 terjadi pada hari Minggu 13 Maret 2022. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari hari sebelumnya. Kondisi ini memaksa penguncian pada titik-titik virus, ketika negara itu menghadapi wabah paling parah dalam dua tahun.

Lonjakan kasus secara nasional ini, mau tak mau membuat pihak berwenang menutup sekolah di Shanghai dan mengunci beberapa kota di timur laut. Ini karena hampir 19 provinsi bertempur melawan varian Omicron dan Delta.Kota Jilin saat ini telah dikunci sebagian, dengan ratusan lingkungan disegel.

Sementara Yanji, daerah perkotaan dengan hampir 700.000 penduduk yang berbatasan dengan Korea Utara, ditutup sepenuhnya. China, sebagai tempat virus itu pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, telah mempertahankan kebijakan ketat yang diberlakukan dengan penguncian cepat, pembatasan perjalanan, dan pengujian massal ketika cluster telah muncul.

Tetapi gejolak terbaru, didorong oleh varian Omicron yang sangat menular dan lonjakan kasus tanpa gejala, menantang pendekatan itu. Zhang Yan, seorang pejabat di Komisi Kesehatan Provinsi Jilin, mengakui pada hari Minggu 13 Maret 2022, tanggapan virus dari otoritas lokal sejauh ini masih kurang.

BACA JUGA: Waduh, Setelah Omicron, Muncul Varian Deltacron

BACA JUGA: Wah, MUI Cabut Aturan Jaga Jarak Salat

"Mekanisme tanggap darurat di beberapa daerah tidak cukup kuat, tidak ada pemahaman yang cukup tentang karakteristik varian Omicron," katanya pada konferensi pers pemerintah, seperti dikutip channelnewsasia.com. Pejabat setempat mengatakan, warga Jilin telah menyelesaikan enam putaran pengujian massal.

Pada hari Minggu, kota tersebut melaporkan lebih dari 500 kasus varian Omicron.Sementara itu, kota tetangga, Changchun yang merupakan basis industri dengan jumlah penduduk 9 juta orang, ditutup pada hari Jumat.Kota-kota kecil Siping dan Dunhua, keduanya di provinsi Jilin, dikunci pada Kamis dan Jumat, menurut pengumuman resmi.

Walikota Jilin dan kepala komisi kesehatan Changchun diberhentikan dari pekerjaan mereka pada hari Sabtu. Media pemerintah melaporkan, sebagai tanda keharusan politik yang ditempatkan pada otoritas lokal untuk menekan kelompok virus.

Kelelahan dengan pendekatan ketat telah terlihat di China. Para pejabat mendesak langkah-langkah yang lebih lembut dan lebih terarah untuk menahan virus, sementara para ekonom memperingatkan bahwa tindakan keras yang keras merugikan ekonomi.

BACA JUGA: Peluncuran Label Halal Nasional, Ustaz Felix Siauw: Sarat Kepentingan

BACA JUGA: Mahfud MD Ingatkan ASN Jangan Makan Uang Rakyat: Setelah Pensiun Anda Akan Dikejar Orang

Karena kasus telah meningkat sejak akhir Februari, tanggapan di berbagai bagian negara secara umum lebih lembut dan lebih ditargetkan dibandingkan dengan Desember, ketika kota Xi'an dan 13 juta penduduknya dikunci selama dua minggu. Di kota terbesar China, Shanghai, pihak berwenang bergerak untuk menutup sementara sekolah, bisnis, restoran, dan mal individu karena ketakutan akan kontak dekat daripada karantina massal.

Antrean panjang terlihat di luar rumah sakit di kota ketika orang-orang bergegas untuk mendapatkan tes Covid-19 yang negatif.Ketika kasus meningkat, Komisi Kesehatan Nasional negara itu mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan memperkenalkan penggunaan tes antigen cepat. Meskipun tes asam nukleat akan terus menjadi metode pengujian utama, langkah tersebut menunjukkan bahwa China mungkin mengantisipasi bahwa upaya resmi tidak akan dapat menahan virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: