Simak, Ini 4 Makanan Terbaik untuk Penderita Darah Tinggi

Simak, Ini 4 Makanan Terbaik untuk Penderita Darah Tinggi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah untuk penyakit jantung.

Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar tekanan dara tinggi bisa menurun. Di antaranya, dengan perubahan gaya hidup, termasuk modifikasi pola makan.

Berikut ini 5 makanan yang harus dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi, dikutip dari healthline.

  1. Buah jeruk

BACA JUGA: Tak Terduga, Rutin Konsumsi Air Rebusan Daun Mangga, Rasakan 4 Manfaat Luar Biasa Ini

BACA JUGA: Biar Penyakit Rematik Gak Kumat, 3 Makanan Ini Harus Dihindari

Buah jeruk, termasuk jeruk bali, jeruk, dan lemon, mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Penelitian juga menunjukkan minum jus jeruk dan jeruk bali dapat membantu mengurangi tekanan darah. Namun, jus jeruk bali dan jeruk bali dapat mengganggu obat penurun tekanan darah yang umum, jadi konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menambahkan buah ini ke dalam makanan Anda.

  1. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipins.

Penelitian telah menghubungkan asupan yang lebih tinggi dari ikan berlemak kaya omega-3 untuk menurunkan tingkat tekanan darah.

  1. Lobak

Lobak adalah sayuran berdaun hijau yang dikemas dengan nutrisi pengatur tekanan darah, termasuk kalium dan magnesium.

  1. Biji labu

Biji labu mungkin kecil, tetapi sangat bermanfaat dalam hal nutrisi.

Mereka adalah sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk mengontrol tekanan darah, termasuk magnesium, potasium, dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat, yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan pengurangan tekanan darah.

Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian pada 23 wanita menemukan bahwa suplemen dengan 3 gram minyak biji labu per hari selama 6 minggu menyebabkan penurunan SBP yang signifikan, dibandingkan dengan kelompok placebo.(tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: