Menara 9, Brand Image Bank Jambi

Menara 9, Brand Image Bank Jambi

Dari sisi asset terapresiasi sebesar 18,48 persen (yoy) di samping penyaluran kredit dan pembiayaan yang tumbuh masing-masing sebesar 8,93 persen dan 6,79% (yoy) menjadi sebesar Rp. 7,882 triliun dan Rp823 Milyar dengan komposisi produktif 14,82 persen terhadap total kredit, namun secara year to date (ytd) masih mengalami sedikit perlambatan dan hanya mencapai 2,7 persen dari posisi akhir Desember 2020.

Dari sisi dana pihak ketiga tumbuh 27,91 persen (yoy) menjadi sebesar Rp. 10,456 triliun, cukup signifikan di tengah pandemi ini. Rasio BOPO masih di bawah ketentuan regulasi yaitu pada level 70,55 persen sebagai wujud keberhasilan program efisiensi biaya, sementara NPL mengalami penurunan menjadi 1,02 persen dari 1.10 persen pada semester 1 2020.

Industri perbankan berubah dengan cepat dan persaingan juga semakin ketat. Maka, untuk menjaga performance agar bisa tetap survive, bank harus pandai mengatur strategi sekaligus menata manajemen internal yang profesional. Di tengah situasi pandemi global sekarang ini, model perbankan di dunia mengalami pergeseran dan sebuah transformasi (transisi) tengah terjadi. Isu-isu perbankan sekarang ini bukan lagi soal bagaimana meraih sukses, tetapi soal bagaimana cara bank bisa bertahan untuk tetap survive.

Fokus investasi bank sekarang mengarah pada upaya pemenuhan aturan-aturan yang berlaku, dan memastikan kepercayaan nasabah bahwa bank memiliki cara yang baik pada penerapan manajemen resiko. Bank juga harus melakukan transformasi yang menitikberatkan pada transparansi, efisiensi, dan jaringan (network).

Hal yang juga penting adalah, bank harus dapat memahami profil risiko dari tiap unit bisnisnya secara detil, agar dapat dibuat keputusan diversifikasi aset serta potensi-potensi akuisisi dalam rangka memproteksi ulang model bisnisnya dengan risiko yang lebih kecil. Fokus dalam operasional bank sekarang ini, tren-nya mengarah pada kedisiplinan dalam mengatur risiko dan peranan analisa pasar. Salah analisa pasar itu adalah membentuk brand image di masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: