Lengkap, Pencuri Uang Pedagang Dilimpahkan

Lengkap, Pencuri Uang Pedagang Dilimpahkan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Tim penyidik Unit Reskrim Polsek Jambi Timur telah melimpahkan tersangka Baharuddin alias Daeng (42), yang terjerat kasus pencurian pencurian uang milik pedagang sayur di Pasar Talang Banjar, pada akhir Juli lalu. Berkas Daeng dinyatakan lengkap atau P21 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Yang bersangkutan sudah kita limpahkan ke Kejaksaan pada minggu lalu. Berkasnya sudah dinyatakan lengkap atau P21, beserta barang buktinya," ujar Kanit Reskrim Polsek Jambi Timur, Ipda Yuda Rengga Permana.

Ipda Yuda menambahkan, bahwa tersangka Daeng statusnya sudah menjadi tahanan Jaksa dan pasal yang diterapkan tetap pasal 363 KUHP tentang pencurian. "Ancaman maksimal 5 tahun penjara," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ia diamankan lantaran mencuri uang Rido Rici Ricardo (34), pedagang sayur di Pasar Talangbanjar, warga Jalan RT 01, Kelurahan Lebakbandung, Kecamatan Jelutung, Selasa (27/7) lalu.

Tersangka Baharudin sendiri beraksi dengan modus ingin membeli tomat di lapak milik Rido. Melihat Rido yang sibuk melayani pembeli lainnya, tersangka Baharudin pun mencuri kesempatan saat melihat ada uang di atas meja dagangan Rido.

“Ada Rp 3 juta yang dicurinya,” sebut Kanitr Reskrim Polsek Jambi Timur, Ipda Yuda Rengga. Rupanya, aksi tersangka Baharudin ini terekam kamera CCTV bengkel yang tak jauh dari lapak dagangan Rido.

Dari rekaman kamera CCTV yang ada, tersangka terlihat berpura-pura menanyakan beberapa harga sayuran di lapak milik korban sekaligus mengawasi keadaan sekitar. Saat itu tersangka memakai jaket hitam dan helm warna biru. Ia bahkan tampak beberapa kali mencoba mengambil uang yang ada di dalam tas korban sembari melihat keadaan sekitar.

Setelah berhasil mengambil uang, dia purappura memainkan hp miliknya dan kemudian melarikan diri.

“Setelah korban melapor, berbekal rekaman kamera CCTV yang ada di TKP, tim langsung penyelidikan dan mengamankan tersangka saat berada di daerah Talangbanjar. Pengakuan awal dia melakukan aksinya sendirian tetapi akan kami pastikan lagi benar atau tidaknya,” tambahnya. (dra/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: