Polairud Periksa Sejumlah Pelabuhan Bongkar Muat Barang Kualatungkal, Ini Sasarannya

Polairud Periksa Sejumlah Pelabuhan Bongkar Muat Barang Kualatungkal, Ini Sasarannya

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpol Airud) Polres Tanjab Barat melakukan pemeriksaan terhadap kapal angkutan barang yang bersandar disejumlah pelabuhan bongkar muat barang yang berada di kawasan Kualatungkal dan sekitarnya.

Pemeriksaan dan penyisiran di setiap kapal yang berlabuh maupun yang melintasi Sungai Pengabuan ini dilakukan untuk mencegah penyelundupan minyak goreng.

Kasat Pol Airud Tanjab Barat, AKP Saiful, mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan kapal yang bersandar di pelabuhan bongkar muat, seperti pelabuhan Marina, Pelabuhan Tanggorajo dan pelabuhan lainnya yang ada di kawasan Kualatungkal dan sekitarnya.

"Patroli rutin yang dilaksanakan Sat Airud Polres Tanjab Barat, dengan sasaran pelabuhan bongkar muat," ujarnya Rabu 16 Maret 2022.

BACA JUGA : BNNP Jambi Tes Urine Sopir Travel dan Truk Batu Bara di Batanghari, 5 Orang Positif Narkoba

BACA JUGA : Bikin Pemotor Kaget, Polisi Gelar Razia Vaksin Covid-19 di Jalan Talang Pantai Bungo

Selain di pelabuhan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kapal, boat, dan pompong yang membawa muatan barang dan sembako di kawasan Sungai Pengabuan. "Setiap kapal yang melintas di perairan sungai Pegabuan tetap dilaksanakan pemeriksaan," sebutnya.

Di sisi lain, personel sekaligus memeriksa kelengkapan peralatan keselamatan. Mengingat, saat ini kondisi cuaca kerap terjadi badai di perairan. Selain itu, hujan yang bisa datang sewaktu-waktu.

"Kelengkapan yang wajib ada di atas kapal seperti life jacket, life boy, dan surat-surat dan dokumen kapal," imbaunya.

Sejauh ini, pihaknya tidak menemukan temuan, baik indikasi penyelundupan minyak goreng dan pelanggaran dokumen lainnya. Namun kata dia, kelangkaan minyak goreng tidak menutup kemungkinan terjadinya penimbunan dan penyeludupan.

Baca Juga: Usai Dilantik, DMI Provinsi Jambi Akan Atur Suara Masjid Agar Tak Dengung

Baca Juga: Lantik DMI Provinsi Jambi, Jusuf Kalla Minta Perbaiki Sound Masjid

"Sampai saat ini belum kita temukan pelanggaran atau laporan dari kapten kapal, tetapi kita tetap mengantisipasi kapal-kapal yang membawa minyak goreng guna antisipasi kelangkaan minyak wilayah hukum Polres Tanjab Barat," ujarnya.

Kata dia, Satpolairud Polres Tanjab Barat melaksanakan kegiatan patroli dan pemeriksaan kapal-kapal setiap hari, dengan jadwal patroli siang dan malam tetap dilaksanakan. (Rul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: