Mulai Minggu Kedua Oktober

Mulai Minggu Kedua Oktober

JAMBI-INDPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI -  Sepanjang 3.600 meter aliran air pada drainase di Kelurahan Paalmerah, Kecamatan Paalmerah, Kota Jambi akan dibersihkan pada program Padat Karya Tunai Kali Bersih (Pakar Kasih), Oktober mendatang.

Lurah Paalmerah, Endrizal mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan pada minggu ke dua, bulan Oktober.

"Ini sudah kita data dan usulkan, menunggu pengerjaan," ujarnya.

Mekanismenya, kata dia warga sekitar yang wilayahnya akan dibersihkan, akan mengerjakan secara bergotong-royong dan diberikan upah.

"Ini sebagai upaya stimulasi, guna membantu perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Mekanismenya, kata dia warga akan mengerjakan pembersihan tersebut dengan estimasi waktu yang ditentukan. Nantinya, upah akan diberikan di akhir minggu.

Untuk diketahui, sebelumnya masing-masing pekerja akan diberi gaji Rp 110 ribu per hari. Setiap spot, berbeda jumlah pekerjanya. Ada yang 50 orang dan 100 orang. Tak hanya itu, mereka yang direkrut tersebut, juga diberikan peralatan seperti cangkul, parang, perlengkapan K3 serta makan dan minum.

Ini juga dilakukan agar tak terjadi penumpukan sampah di aliran sungai, serta tidak terbentuk sedimentasi yang tentunya menghambat aliran air sungai.

Diketahui, ada 43 kelurahan di Kota Jambi akan melaksanakan program inovasi Pakar Kasih di tahun ini.

Pemkot Jambi menganggarkan Rp 2,9 miliar untuk program normalisasi drainase di Kota Jambi. Masyarakat di lingkungan yang mendapatkan pekerjaan pakar kasih, akan diberdayakan.

Pemerintah Kota Jambi memberikan estimasi 1.318 pekerja untuk melakukan normalisasi saluran air, sepanjang 89.533 meter.

Adapun syarat untuk mendaftarkan diri hanya perlu menyiapkan fotokopi KTP atau surat keterangan domisili dan pasfoto, serta dengan ketentuan masyarakat yang terdampak PHK akibat pandemi Covid-19 ataupun kondisi terdampak Covid-19. (tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: