Uji Kompetensi Wartawan Selesai, Jurnalis Diminta Tetap Mawas Diri

Uji Kompetensi Wartawan Selesai, Jurnalis Diminta Tetap Mawas Diri

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Gelaran Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan VIII dan IX oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, yang bekerja sama dengan SKK Migas di Hotel BW Luxury telah berakhir, Sabtu (25/9).

Salah satu peserta wartawan utama, Risza S Bassar, yang merupakan Pimpinan Redaksi Harian Pagi Jambi Independent, mengucakan terima kasih pada ilmu yang diterima dari pengujinya, pria yang akrab disapa Theo. Dia mengungkapkan, tiga hari jelang pelaksanaan UKW ia deg-degan.

"Saya bilang sama teman-teman, mental sudah kena. Sesi awal di hari pertama gugup masih, tapi Alhamdulillah akhirnya bisa terlewati dengan baik," kata dia, saat didaulat memberikan kesan dan pesan pada penutupan UKW itu.

Lebih lanjut, Risza S Bassar mengatakan, ia dan para peserta lainnya bahkan pewarta di Jambi akan terus belajar.

"Kami berusaha mengingat pesan yang diberikan penguji. Terus mendalami filosofi dan materi jurnalistik. Kami akan terus belajar dan belajar," kata dia.

Dia juga berharap, PWI Provinsi Jambi bisa terus menggelar kegiatan ini secara rutin. Ini demi meningkatkan kualitas wartawan di Provinsi Jambi.

Sementara itu, salah satu penguji, Said Iskandar mengatakan, UKW ini sangat penting dilakukan. Mengingat kegelisahan para pemangku atau pemilik media terkait kompetensi para pewartanya.

"Para peserta kami uji, terkait kesadaran profesi dan pengetahuan para peserta sebagai jurnalistik," sebutnya.

Termasuk keterampilan juga diberikan kepada para peserta UKW. Meski telah menyandang status kompeten, seorang jurnalis tetap harus mawas diri.

"Ini karena tentu akan diawasi banyak pihak. Berat beban kompetennya. Tingkatkan kompetensinya selalu, meski ada yang belum berhasil jangan berkecil hati," jelasnya.

Perlu diketahui, pada UKW angkatan VIII dan IX yang digelar sejak Jumat (24/9) di salah satu hotel di Kota Jambi itu, dari 44 peserta yang mengikuti ujian wartawan muda, madya dan utama, 40 orang dinyatakan lulus. (zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: