Alhamdulillah, Berangkat Umrah Tak Perlu PCR dan Antigen

Alhamdulillah, Berangkat Umrah Tak Perlu PCR dan Antigen

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Saat ini Pemerintah Arab Saudi tak berlakukan lagi hasil negatif PCR dan antigen sebagai syarat perjalanan atau melaksanakan ibadah umrah. Ini pun telah disampaikan kepada seluruh negara, termasuk Indonesia.

Kanwil Kemenag Provinsi Jambi juga telah menerima surat edaran tersebut tertanggal 14 Maret kemarin. Dalam surat edaran tersebut sudah tertuang dalam surat pemberitahuan Kementerian Agama RI PCR dan Antigen tak lagi jadi syarat untuk melaksanakan ibada umrah.

Kasi Haji Khusus dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Zulkapi mengatakan, ini juga telah di sampaikan ke semua kabupaten kota di Provinsi Jambi. Bahwa saat ini pihaknya juga tak berlakukan lagi hal tersebut.

“Jadi keberangkatan jemaah umroh tak lagi melampirkan hasil negatif PCR atau Antigen. Karena di sana sudah tak ada lagi screening kesehatan untuk masuk Arab Saudi,” kata dia.

Baca Juga : Asmara Kamu, Lewat Ramalan Zodiak Kamis 24 Maret 2022

Baca Juga : Warga Blokir Jalan di Sarolangun

Meski demikian, pihaknya tetap meminta para jemaah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya mengimbau kepada Penyelenggara Perjalanan Ibada Umrah (PPIU) untuk tetap mengedukasi para jemaah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Namun, usai ibadah umrah dilaksanakan, dan para jemaah kembali ke Indonesia, aturan pun tetap menjalankan aturan dari Satgas Covid-19 di Indonesia. Para jemaah tetap wajib melampirkan hasil tes negatif dari PCR ataupun Antigen.

"Karantina selama tiga hari di Indonesia tetap kita laksanakan juga, untuk aturan yang membebaskan untuk tes PCR atau Antigen serta karantina itu di Arab Saudi. Namun ketika kembali lagi ke Indonesia maka tetap harus dengan hasil negatif PCR atau antigen dan melakukan karantina,” jelasnya.

Diketahui, saat ini telah ribuan jemaah umrah asal Provinsi Jambi telah diberangkatkan ke Arab Saudi. Ini setelah Arab Saudi telah memperbolehkan lagi jemaah Umrah asal Indonesia untuk melaksanakan kembali ibadah umrah per Januari lalu.

Baca Juga : Tahun Ini, Pasar Bedug di Jambi Tak Dilarang, Tergantung Pemda

Baca Juga : Oknum ASN di Bungo Divonis 1 tahun 4 bulan atas Kasus Penipuan dan Penggelapan

Kanwil Kemenag Provinsi Jambi mencatat setidaknya terdapat sebanyak 1.259 jemaah telah diberangkatkan ibadah umrah. Kemudian yang sudah kembali ke Jambi ada 864 jemaah.

Kemudian untuk jemaah umrah yang masih berada di Arab Saudi untuk menjalankan ibadahnya, terdapat 396 jemaah. Kemudian untuk syarat mendaftar umroh, saat ini telah diwajibkan menjadi anggota aktif Jaminan Kesehatan Nasional atau BPJS Kesehatan. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: