Panahan Jambi Rebut Emas

Panahan Jambi Rebut Emas

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Cabang Olahraga (cabor) panahan dari Provinsi Jambi turut menyumbangkan medali emas. Ini menambah koleksi medali untuk Provinsi Jambi pada kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Jambi telah mengumpulkan dua emas.

Medali emas dari cabor panahan tersebut diraih oleh M Hanif Wijaya, pada laga final panahan kelas individual recurve putra PON XX Papua yang berlangsung di arena panahan kompleks Sinode Greja Kingmi, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (4/10).

Pelatih Cabor Panahan Jambi, Gusnadi mengatakan perolehan medali ini dari hasil kerja keras altet di lapangan. Kata dia, atlet sudah mempersiapkan sejak dua tahun lalu. Latihan keras, serta mengikuti berbagai macam kejuaraan yang dilakukan di Provinsi Jambi.

“Alhamdulillah ada hasilnya, dia berhasil mengalahkan atlet panahan dari Jawa Tengah,” kata dia. Kata dia, sebagai pelatih terus memberikan keyakinan agar atlet tetap fokus dalam membidik sasaran. Tempat yang berbeda, menjadi tantangan tersendiri. Namun, tantangan tersebut dapat ditaklukkan dengan berbagai uji coba dan latihan. “Karena di Papua ini anginnya kencang, jika tidak fokus dan tekniknya salah, maka anak panah tidak sesuai dengan apa yang dibidiknya,” tambahnya.

Dia juga menyebutkan, Hanif keluar sebagai juara yang menaklukkan atlet yang pernah berlaga di Olimpiade lalu. Kata dia, pada laga pertama, mengangalahkan Papua dengan skor 6-0. Kemudian di babak per delapan final menaklukkan atlet dari Yogjakarta yang merupakan atlet Olimpiade lalu dengan skor 6-2.

Selanjutnya, di perempat final menaklukkan atlet dari Kalteng dengan skor 5-5. kemudian dilanjutkan dengan tambahan satu anak panah sebagai penentu. Ternyata dimenangkan oleh Hanif, hingga dia melaju ke babak semifinal berhadapan dengan DKI Jakarta dengan skor 6-0.

Kemudian masuk di final, Hanif bertemu dengan atlet Olimpiade Tokyo dari Jawa Tengah dengan skor 6-2. dengan ini dirinya keluar sebagai juara panahan di PON XX Papua.

Atas raihan prestasi ini, Jambi telah mengkoleksi 13 medali yakni 2 emas, 4 perak dan 7 perunggu. Jambi memasuki peringkat 12, ini terjadi penurunan dari yang sbelumnya masuk dalam 10 besar klasmen sementara di PON XX Papua.

Ketua KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan menyampaikan apresiasi atas keberhasilan pemanah Jambi, Hanif yang telah menyumbang medali emas kedua bagi kontingen Jambi. “Ini satu kebanggaan bagi kita, sudah dua medali emas yang berhasil dikumpulkan oleh atlet kita,” kata dia.

Lanjutnya, masih terdapat beberapa nomor lagi yang dipertandingkan di cabor panahan. Ia berharap atlet panahan Jambi lainnya dapat menyusul perolehan medali emas. (slt/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: