Beri Kebahagiaan kepada Orangtua, Kunci Sukses Masyarakat Tionghoa

Beri Kebahagiaan kepada Orangtua, Kunci Sukses Masyarakat Tionghoa

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sudah sejak lama, masyarakat Tionghoa dikenal sebagai masyarakat yang gemar berdagang. Bahkan, kebanyakan di antara mereka menjadi pedagang sukses dan kaya.

Ternyata, rahasia kesuksesan masyarakat Tionghoa dalam berdagang, tidak hanya berasal dari kelihaian mengelola uang, tetapi juga amal bakti yang dilakukan kepada orang tua.

"Kesuksesan dalam berusaha itu, ditentukan dari bagaimana kita memperlakukan orang tua kita, jika kita bisa memberi kebahagian kepada mereka, maka usaha yang kita tekuni akan sukses," kata Kok San, salah satu warga Tionghoa yang ada di Kota Jambi, pada Jumat (25/3).

Nasehat ini kata Kok San, sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Tionghoa.

Baca Juga: Didik Generasi Berkeimanan, Lewat Sekolah Minggu Budha

Baca Juga: Legenda Dewa Tua Pek Kong: Dikenal Adil, Bijaksana, dan Membumi

"Tapi kalau kamu buka usaha, tapi orang tua tidak kamu perhatikan, kamu telantarkan, mau sebesar apapun dan bagaimanapun kamu mengelola bisnis itu pasti akan gagal," jelasnya.

Menurut sejarahnya sendiri, warga Tionghoa mulai terbiasa berdagang karena pada zaman penjajahan Belanda, penduduk asal China menjadi perantara jual-beli untuk berhubungan dengan masyarakat. Hal ini membuat warga Tionghoa dipandang sebagai penguasa ekonomi.

"Intinya, mau berdagang atau usaha apapun, kuncinya adalah amal baik, terutama terhadap orangtua," tandasnya. (dra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: