Tanam 800 Pohon, Perkumpulan Lions Indonesia Hijaukan Jambi

Tanam 800 Pohon, Perkumpulan Lions Indonesia Hijaukan Jambi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI-Dalam rangka ulang tahun Perkumpulan Lions Indonesia ke 52, Distrik 307A1 dan 307B1 bekerjasama dengan Ciputra Group melakukan upaya meningkatkan kepedulian dan pelestarian lingkungan hidup dengan menanam 800 pohon di Citra Raya City Jambi, dan berlokasi sekitar 12 km dari Pusat kota Jambi. Acara penanaman pohon dihadiri oleh Bupati Muaro Jambi, Masna Busro, Perwakilan Gubernur Distrik 307 A1, Gubernur Distrik 307 B1 Rup Gurbani,  perwakilan 9 klub Lions dan tokoh masyarakat setempat.

Menanam pohon adalah investasi jangka panjang yang banyak manfaatnya untuk masyarakat, terutama generasi yang akan datang. Pohon adalah penyaring udara di bumi yang dapat menyerap polusi dan mengeluarkan oksigen, sehingga membuat udara lebih bersih dan membantu kita bernapas.  Saat hujan lebat, air yang turun ke bumi beresiko membawa polutan berupa fosfor dan nitrogen. Pohon dapat menyaring dan menahan air sehingga tidak cepat menguap dan cadangan air tetap terjaga, serta mencegah banjir.  Pohon juga dapat menjadi habitat dari makhluk hidup lain sepert burung, serangga, dsb. Tergantung jenis yang ditanam, pohon dapat memperindah lanskap permukiman dan menghasilkan buah-buahan yang dapat dimakan dan bermanfaat untuk kesehatan.

‘Area yang ditanam nantinya akan menjadi nursery untuk memenuhi kebutuhan pohon dan tanaman hias di sekitar Jambi’, demikian menurut Bapak Yuswanto Harijatno, Associate Director Ciputra Group. Selanjutnya, ditambahkan juga banyaknya jenis pohon yang ditanam seperti pohon trembesi, tabebuya, mahoni, ketapang kencana, bintaro, pinus, pulai dan pohon buah-buahan seperti mangga harum manis, sirsak, rambutan, duku, nangka, jeruk dan jambu air.

Selain menanam pohon, Perkumpulan Lions Indonesia juga melakukan bakti sosial dengan membagikan sembako dan masker kepada masyarakat miskin di sekitar Citra Raya City sebanyak 225 paket. Perkumpulan Lions Indonesia adalah bagian dari Lions Club International, organisasi relawan terbesar di dunia yang sudah berumur lebih dari 100 tahun dengan jumlah anggota lebih dari 1.4 juta orang di sekitar 200 negara.

Bidang pelayanan sosial yang diberikan perkumpulan Lions mencakup lingkungan hidup, pengentas kelaparan, diabetes, kesehatan mata, kanker anak-anak,  bantuan bencana alam dan kegiatan sosial lain seperti donor darah, vaksinasi dll.  Di Indonesia terdapat lebih dari 11.000 anggota Lions yang tersebar di berbagai kota. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai kegiatan pelayanan Lions Clubs International, silahkan kunjungi website www.lionsclubs.org.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: