Iwan, Pemancing Asal Tanjab Timur yang Berhasil Buat Kapal Besar

Iwan, Pemancing Asal Tanjab Timur yang Berhasil Buat Kapal Besar

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Niat menyalurkan hobi, akhirnya berhasil mengumpulkan pundi-pundi rezeki. Hal itu lah yang dirasakan oleh Iwan, Warga Desa Sukamaju, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjab Timur.

Pria berdarah Jawa satu ini memang terkenal dengan kecintaannya terhadap dunia memancing. Dari situ, kemudian dirinya yang bermodal nekad akan tetapi dengan perhitungan yang tepat mencoba membuat kapal motor atau pompong menunjang hobinya tersebut.

Berkat ketekunan dan kemauan yang kuat, ia berhasil membuat kapal motor berukuran cukup besar yang nantinya akan digunakan untuk menyalurkan hobi memancingnya di laut. "Awal mula buat kapal ini karena termotifasi karena hobi mas. Dari hobi itu lah saya coba-coba membuat kapal ini dan alhamdulillah berhasil," ucapnya.

Selain ide membuat kapal yang hanya digunakan untuk memancing tersebut, ada keunikan lain yang dilakukannya. Mantan pelaut ini juga mencoba hal lain dalam membuat kapal, dimana dalam proses pembuatan kapal ini dirinya lebih memilih wilayah yang jauh dari perairan atau sungai untuk menurunkan kapal tersebut.

Baca Juga: Tersisa 10 Jabatan Kepala OPD Pemkab Tanjab Timur Kosong

Baca Juga: L300 VS Truk PS, Pihak Satlantas Utamakan Penyelesaian Perkara secara Kekeluargaan

"Kalau orang buat kapal motor kan biasanya di daerah pinggiran laut atau sungai mas, kalau saya mau tampil beda sedikit lah. Jadi saya buat di daratan yang jauh dari perairan," ungkapnya.

Pertanyaan kerap diterimanya dari beberapa orang yang merasa heran dengan cara Iwan yang lebih memilih membuat kapal jauh dari wilayah perairan yang tentunya akan mendapat kesulitan saat menurunkan kapal berukuran besar tersebut.

"Sekarangkan sudah zaman canggih, dari beberapa kapal yang sudah saya buat nantinya akan saya angkut naik mobil PS atau sejenisnya menuju sungai besar yang ada di desa kami ini. Ini saya anggap sebagai ide gila lah, tapi berhasil," ujarnya sambil tersenyum.

Dalam proses pembuatan kapal ini dirinya juga dibantu oleh seorang tukang kayu. Dari kolaborasi ide-ide kedua orang ini, Iwan telah berhasil menciptakan kapal motor yang sudah dipakainya memancing di laut Tanjab Timur bersama temannya.

"Saya membuat kapal dengan teman yang kerjanya tukang mas. Ya kami saling belajar dan berbagi ilmu lah dalam buat kapal ini," cetus pria yang bertahun-tahun mengarungi hampir seluruh perairan di laut Natuna ini.

Baca Juga: Rotasi dan Mutasi Jabatan Jilid II Tanjab Timur, 40 Pejabat Duduki Posisi Baru

Baca Juga: Area Jogging Track Danau Sipin Diperpanjang, Usul ke Kemenparekraf RI

Awalnya, Iwan yang memanfaatkan perkarangan toko material miliknya hanya membuat kapal berukura kecil. Akan tetapi dirinya menyebutkan, kapal tersebut masih dirasa kurang memuaskan untuk dipergunakan memancing dilaut. "Awal saya buat kapal berukuran kecil, tapi hasilnya tida memuaskan mas. Lalu saya mencoba membuat kapa lagi," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: