Di SMP IT Al Muthmainnah Wajib Setor Hafalan Alquran

Di SMP IT Al Muthmainnah Wajib Setor Hafalan Alquran

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kegiatan menghafal Alquran adalah program wajib yang harus diikuti oleh siswa/siswi di SMP IT Al Muthmainnah Kota Jambi.

Sejak kelas VII, siswa sudah diminta untuk mengulangi hafalan dan menyetorkannya kepada guru. Seperti pada Senin (28/3) kemarin, para siswa tampak sedang mengantre untuk menyetorkan hafalannya.

Wakil Kurikulum SMP IT Al Muthmainnah, Zulfi Dhani Mardewita mengatakan bahwa, saat ini sudah dimulai ujian praktek bagi siswa siswi.

Mengingat, bulan Ramadan yang sudah semakin dekat, kata dia akan ada pengurangan jam belajar dan siswa kelas IX akan melaksanakan ujian akhir.

Baca Juga: Ke Sungai Terap, Danrem 042/Gapu Kunjungi Suku Anak Dalam

Baca Juga: Banyak Drainase Perlu Dibenahi di Sukakarya, Gelontorkan Uang Ratusan Juta

“Karena saat ujian itu, siswa kelas VII dan VIII akan diliburkan, maka kita laksanakan ujian praktek dimulai dari sekarang,” jelasnya.

Di SMP IT Al Muthmainnah, lanjut Dhani, siswa setidaknya harus menamatkan dan menghafalkan satu juz, misalnya minimal pada juz 29.

Dikatakan Dhani, untuk itulah siswa sudah diminta agar menyetor hafalan mulai dari masuk sekolah di bangku kelas VII.

Mengingat memang tidak semua siswa sudah bisa lancar dalam membaca Alquran, pihaknya juga memiliki metode tersendiri untuk melatih siswa agar lancar membaca ayat suci alquran.

Baca Juga: Banyak Drainase Perlu Dibenahi di Sukakarya, Gelontorkan Uang Ratusan Juta

Baca Juga: Harga Sawit Merosot

“Tidak semua siswa ini basicnya adalah sekolah islam. Ada yang masuk SMP tapi masih terhenti di Iqra’, kan berbeda-beda. Jadi, di situ ustadz/ustadzahnya yang akan mengajarkan dengan metode tersendiri, sehingga nantinya bisa menghafal Alquran dan minimal juz 29 bisa hafal, setelah tamat dari SMP Al Muthmainnah,” tandasnya.(tav/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: