SD Islam Al Falah Jambi Gelar Pesantren Kilat, Penguatan Karakter Islami dan Kemandirian Murid

SD Islam Al Falah Jambi Gelar Pesantren Kilat, Penguatan Karakter Islami dan Kemandirian Murid

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – SD Islam Al Falah Jambi menggelar pesantren kilat selama tiga hari. Mulai pada 29 Maret hingga 31 Maret 2022.

Kepala SD Islam Al Falah Jambi, Sri Winarti mengatakan, bahwa kegiatan ini perdana dilakukan setelah mewabahnya pandemi Covid-19.

Menurutnya, antusiasme murid dan wali murid sangat tinggi dalam mendukung berjalannya kegiatan ini.

Dirinya menjelaskan, ada 96 murid yang mengikuti kegiatan pesantren kilat ini. Mereka merupakan murid kelas 5.

Baca Juga: Wali Kota Jambi Fasha Serahkan Honor RT Triwulan Pertama

Baca Jaga: 2 Pelajar di Muarasabak Barat Laka Tunggal, 1 Meninggal Dunia

“Kita menginap di sekolah, murid lainnya, selain kelas 5 tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar seperti biasa,” ujarnya, Rabu 30 Maret 2022.

Sri Winarti mengatakan, kegiatan rutin yang dilakukan ini bertujuan untuk penguatan karakter islami bagi peserta didik.

Ditambah lagi, sudah semakin dekat dengan ramadan, menurutnya murid harus menguasai ilmu keagamaan yang nantinya bisa dipraktekkan di bulan Ramadan.

“Pesantren kilat selama tiga hari ini, murid mengikuti kegiatan mendalami materi keagamaan islam. Seperti membiasakan mengaji, terutama ibadah di malam hari. Selama pesantren kilat, setelah salat Isya, kita tadarus, lalu di 1/3 malam, salat sunnah tahajud, murajaah, dan salat subuh berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan Qultum,” ujar Sri.

Baca Juga: Jembatan Gantung di Renah Mendaluh Putus, Belasan Pelajar Alami Luka Berat

Baca Juga: Pedagang di Jambi Tak Jual Minyak Goreng Curah Lagi, Ini Alasannya

Tak hanya kegiatan keagamaan  saja, dalam pesantren kilat ini pihaknya berharap peserta didik dapat melatih kemandirian dan kehidupan bersosial dengan lingkungan. Ini terlihat dari para siswa yang dibentuk kelompok. Mereka akan mempraktekkan apa yang sudah dijelaskan oleh guru saat memberikan materi.

“Setelah teori, langsung praktek. Kita juga lakukan senam tiap pagi untuk menjaga kebugaran,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Mustaqim mengatakan bahwa pesantren kilat kali ini mengusung tema, “Sambut Ramadan dengan Bekal Ilmu Agama”.

Dirinya mengatakan, ini merupakan agenda rutin tahunan kegiatan amaliyah Ramadan. Pihaknya mengawali dengan pesantren kilat. “Dalam kegiatan amaliah Ramadan nanti, ada ZIS, buka bersama, dan safari Ramadan,” katanya.

Baca Juga: 5 Tips Memperbesar Payudara Secara Alami, Gak Perlu Operasi Bun

Baca Juga: Nih, 5 Buah Sehat yang Bisa Bikin Berat Badan Turun

Selama dua malam pesantren kilat ini pun, pihaknya menargetkan dapat mengkhatamkan 30 juz Alquran. “Malam nanti (ini, red) kita akan lakukan khatam Alquran. Jadi, satu malam 15 juz Alquran. Karena kegiatan malam setelah salat Isya, yaitu tadarusan kelompok,” tandasnya.

Selain itu, ada pula perlombaan enam cabang lomba meliputi, Lomba Cerdas Tangkas, MTQ, Tartil, Adzan dan Iqamah, Kaligrafi, Pidato Agama, Ceramah Agama Islam, dan Sinopsis Cerita Islami. (tav/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: