Guru SMPN 14 Disupervisi

Guru SMPN 14 Disupervisi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Supervisi dilakukan kepada para guru di SMPN 14 Kota Jambi, Kamis (14/10) lalu. Ini guna memberikan layanan kepada guru-guru, baik secara individual atau kelompok, dalam usaha memperbaiki pengajaran dan kurikulum.

Pengawas Pembina SMPN 14 Kota Jambi, Yasmir mengatakan, supervisi yang dilakukan guna memberikan layanan dan bantuan, untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas.

"Nantinya, ini untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik," katanya.

Setelah supervisi dilakukan kepada sejumlah guru, menurutnya yang menjadi catatan adalah harus adanya kalender pendidikan yang didiskusikan bersama.

"Pada tahun lalu, catatannya hanya melengkapi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sebab setiap tahun selalu berubah," katanya.

Dirinya menjelaskan, setiap sekolah sudah memiliki jadwalnya masing-masing, untuk dilakukan supervisi.

"Satu hari ada satu sekolah yang dicek," kata dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 14 Kota Jambi, Rosda Julinar mengatakan, kegiatan supervisi biasanya dilakukan satu tahun dua kali secara terjadwal. Untuk semester genap, dilakukan satu hari penuh. Para guru pun sudah diberi tahu untuk mempersiapkan diri.

"Sebelum supervisi ini, kita sudah rapat dari lama. Jadi setiap guru harus siap untuk ini. Setiap sekolah memiliki jadwal pertahunnya, dua kali setahun. Jadi setiap awal semester, pengawas pembina dan pengawas bidang studi datang ke sekolah, itu sudah ada jadwalnya," jelasnya.

Setelah meninjau kelas, dirinya menjelaskan, para pengawas akan rapat dan saling berbagi pendapat, untuk memeriksa kelengkapan mengajar.

"Kalau ada yang kurang, akan dikasih masukan," sebutnya.

Adapun guru yang disupervisi, ialah seluruh pengampu mata pelajaran di SMPN 14 Kota Jambi. (mg16/tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: