7 Warga Tak Pakai Gas Tanam  

7 Warga Tak Pakai Gas Tanam   

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Sejumlah warga di Kelurahan Selamat, Kecamatan Danausipin, masih ada yang belum mendapatkan jalur gas tanam. Ini dikarenakan beberapa alasan. Terbanyak, warga takut jika suatu saat dapat meledak.

"Ada yang takut meledak, jadinya mereka tidak berani pasang gas ini, cuma pakai gas tabung aja," jelas Asma, salah satu warga Kelurahan Selamat yang sudah memakai gas tanam.

Asma, yang sehari-harinya berjualan makanan ini mengaku, memilih gas tanam lantaran lebih hemat. Sementara itu, Irwan, warga lainnya yang belum memasang gas tanam, mengaku lantaran rumahnya yang dilalui jalur gas tanam tersebut hanya untuk tempat kerja. Bukan tempat menetap.

"Iya saya di sini cuma untuk tempat kerja aja, jadi tidak ada jalur gas alam di sini. Di sebelah ini, rumah kosong juga," ujar Irwan, sambil menunjuk rumah yang dimaksudnya.

Terpisah, Lurah Selamat, Ezwin Kurniawan mengatakan, ada tujuh warga lagi yang belum memasang gas tanam di wilayahnya. Selain beralasan takut, warga juga sedang tidak ada di tempat saat didata oleh tim.

“Ya, tinggal tujuh warga lagi yang belum memasang jalur gas alam. Mereka ada di RT 01, 02, dan RT 03,” sebutnya.

Jalur gas alam ini, kata dia sudah cukup lama dipasang. Gas alam sendiri, merupakan sumber energi yang berasal dari fosil tanaman, hewan, dan mikroorganisme yang tersimpan di bawah tanah. Selama ribuan, bahkan jutaan tahun.

Kegunaan utama gas alam, antara lain untuk produksi bahan bakar dan juga amonia atau komponen utama dalam pembuatan pupuk. Gas alam atau gas bumi, juga memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat, seperti mendukung perindustrian, pembangkit listrik, komersil, dan untuk kehidupan sehari-hari. (mg16/tav)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: