Jet Tempur Typhoon Inggris Usir Empat Jet Bomber Rusia Keluar dari UK Area of Interest

Jet Tempur Typhoon Inggris Usir Empat Jet Bomber Rusia Keluar dari UK Area of Interest

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, LONDON - Empat jet bomber Moskow yang berusaha mendekati wilayah Kerajaan Inggris dihalau Angkatan Udara (AU) Inggris (Royal Army Force/RAF), Rabu (2/2). Untuk mengusir keluar, RAF mengerahkan jet tempur Typhoon.

Jet Typhoon lepas landas dari pangkalan angkatan udara Inggris di Lossiemouth, timur laut Skotlandia. "Pasukan mengatakan empat pembom strategis Rusia berhasil dicegat dan dikawal," kata militer dalam sebuah pernyataan, dikutip CNBC International.

Jet Typhoon telah bergabung dengan kapal tanker pengisian bahan bakar udara-ke-udara Voyager dari RAF Brize Norton di Oxfordshire. Kementerian Pertahanan Rusia belum menerbitkan pernyataan resmi tentang insiden yang terjadi menyusul laporan tersebut.

Sebelumnya, AU Inggris memang rutin mencegat pesawat yang mendekati wilayah yang disebut kerajaan, UK area of interest.

Para pejabat mengatakan, pesawat Inggris berhasil mengawal pesawat Rusia keluar dari “area of interest”, dan tidak memasuki wilayah udara Inggris.

Sebelumnya disebutkan, pesawat militer Rusia memasuki zona polisi wilayah udara internasional Inggris dan dapat menimbulkan bahaya bagi pengguna udara lain karena sering tidak melapor ke kontrol lalu lintas udara. (mel/rm/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: