Masyarakat Masih Parkir Sembarangan

Masyarakat Masih Parkir Sembarangan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Parkir liar masih terus dijumpai di pinggir jalan, di Provinsi Jambi. Salah satunya, di Jalan Husni Thamrin, Kelurahan Orang Kayo Hitam (OKH), Kecamatan Pasar, Kota Jambi.

Mery Simbolon, Lurah OKH menyampaikan, kelurahan ini merupakan basis perdangangan barang dan jasa.

“Kebetulan daerah di sini aktivitas masyarakat sangat tinggi, dari pagi hingga sore. Salah satunya efek dari perdagangan barang dan jasa, banyaklah kendaraan-kendaraan yang parkir,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, terkadang masyarakat Jambi ini tidak mengindahkan peraturan.

“Juga, karena padatnya parkir, kadang-kadang tidak ada tempat parkir. Jadi, di mana ada tempat kosong itu, main masuk-masuk saja,” jelasnya.

Selaku Lurah OKH, dirinya selalu mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat akan pentingnya peraturan.

“Kami, sebagai lurah tidak bosan-bosan, agar masyarakat memahami pentingnya aturan, kebersihan, dan menghindari kemacetan termasuk kecelakaan,” tuturnya.

Kelurahan OKH juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Bidang Pengelolaan Parkir bersama juru parkirnya.

“Selalu koordinasi dengan Dinas Perhubungan. Namun sampai sekarang belum optimal. Juga, kami seminggu yang lalu sudah rapat dengan kecamatan, untuk bersama-sama mengoptimalkan dan mencari solusi parkir liar ini,” ujarnya.

“Harus ada kerjasama yang baik, mana titik-titik yang bisa dan mana titik-titik yang tidak boleh. Informasi tersebut, tolong ajak kami. Sehingga, kami sebagai kepala wilayah di kelurahan, dapat tau rambu-rambunya apa yang harus kami tegur dan mengingatkan kembali,” tambahnya.

Kemudian, di tingkungan Jalan Raden Mattaher itu selalu dihimbau untuk parkir dengan rapi, agar tidak menimbulkan kemacetan.

Sanksi atau denda untuk parkir liar ini, belum bisa direalisasikan. Karena belum ada informasi yang pasti bagi Lurah OKH.

“Kami sebagai kepala wilayah hanya dapat menghimbau dan berkoordinasi,” tegasnya.

Pantauan dari lapangan beberapa waktu lalu, di sekitar ruas Jalan Raden Mattaher dan Jalan MH Thamrin, masih ada beberapa kendaraan yang parkir. Juga, terlihat mobil yang memutar ke kanan, yang menyebabkan macet. (mg05/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: