Zakat Fitrah di Muaro Jambi, Tertinggi Rp 54 Ribu Terendah Rp 35 Ribu

Zakat Fitrah di Muaro Jambi, Tertinggi Rp 54 Ribu Terendah Rp 35 Ribu

SENGERI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi telah mengumumkan besaran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan oleh wajib zakat tahun 1443 Hijriah. Ada perhitungan khusus yang dilakukan pemerintah sebelum menetap besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan umat Muslim, khususnya di Muarojambi.

Sebelum penetapan, pemerintah melalui Kantor Kementerian Agama, menggelar rapat bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muarojambi, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muarojambi, telah menggelar rapat.

Dari rapat itu diputusan, dengan memperhatikan daftar isian harga rata-rata bahan pokok pangan Kabupaten Muaro Jambi dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muarojambi, maka ditetapkan besaran zakat fitrah.

Perhitungannya, untuk pembayaran zakat fitrah tahun 1443 Hijriah dapat dilaksanakan berdasarkan:

Baca Juga: Diduga Bodong, Belasan Sepeda Motor Disita di Sungaigelam

Baca Juga: Berkas Kasus Pembunuhan Remaja di Gunungraya Belum Rampung

1. Menurut Imam Abu Abdullah Muhammad bin Idris As Syafi'iyah atau Imam Syafi'i mengeluarkan zakat fitrah wajib dengan makanan pokok atau beras 2,5 kilogram.

2. Menurut Imam Abu Abdullah Muhammad bin Idris As Syafi'i (Mazhab Syafi'i) dan Imam Ahmad bin Hambal (Mazhab Hambali) imam Malik bin Anas (Mazhab Maliki) tidak boleh mengeluarkan zakat fitrah dengan uang.

3. Menurut Imam Nu'man Bin Tsabit bin zuta bin mahan attaimy / Abu Hanifah atau (Mazhab Hanafi) boleh mengeluarkan zakat fitrah dengan uang sesuai dengan nilai bahan makanan pokok yang wajib dizakatkan.

4. Ukuran zakat fitrah dalam Mazhab Syafi'i dan dan jumhur ulama adalah 4 mud atau lebih kurang 2,5 kg beras atau makanan pokok.

5. Ukuran zakat fitrah menurut Imam Hanafi adalah 8 rihti atau 3,8 kg makanan pokok.

Dengan demikian pembayaran zakat fitrah menggunakan makanan pokok atau beras, menurut jenis beras yang biasa dikonsumsi oleh masing-masing Muzakki atau Wajib Zakat adalah dengan ukuran 2,5 kg per orang.

Bagi yang menunaikan zakat fitrah dengan uang dapat membayar dengan rincian sebagai berikut:

A.    Harga Beras Kualitas Tertinggi Sebesar Rp14.000 X 3,8 kg = Rp 54.000.
B.    Harga Beras Kualitas Sedang Sebesar Rp 11.500 x 3,8 kg = Rp 44.000
C.    Harga Beras Kualitas Rendah sebesar Rp 9.000 X 3,8 kg = Rp 35.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: