Komisi ll DPRD Provinsi Jambi Turun Langsung Cek Lokasi Banjir

Komisi ll DPRD Provinsi Jambi Turun Langsung Cek Lokasi Banjir

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Komisi ll DPRD Provinsi Jambi, Rabu 19 Maret 2022 turun langsung bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Dinas PMPTSP, camat, dan masyarakat dengan menggunakan transportasi sungai (ketek) menuju ke lokasi banjir.

Hal tersebut untuk menindak lanjuti laporan masyarakat bahwa tanggul PT Bahana Karya Semesta diduga menjadi penyebab banjirnya ratusan hektar sawah dan kebun masyarakat di Kecamatan Air Hitam, Sarolagun.

Ketua Komisi ll DPRD Provinsi Jambi, Izhar Majid mengatakan kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari pengaduan masyarakat setempat yang disampaikan ke pihaknya.

“Kita menindak lanjuti aduan masyarakat yang disampaikan ke kita,” kata Izhar.

Sementara itu, anggota Komisi ll DPRD Provinsi Jambi, Evi Suherman mengatakan berdasarkan informasi dari masyarakat serta hasil peninjau tersebut, kata Evi Kuat dugaan banjir itu diakibatkan oleh keberadaan tanggul milik Perusahaan perkebunan yang ada di wilayah setempat.

“Dulu sebelum ada tanggul tersebut banjirnya tidak separah saat ini,” kata politisi PPP itu.

Sebelum ada tanggul, jelas Evi, banjir memang ada, tapi musiman. Akan tetapi setelah tanggul itu dibuat banjirnya makin parah.

“Jangan ada hujan sedikit banjir,” sebutnya.

Akibatnya, lanjut Evi, lahan persawahan yang jumlahnya ratusan hektar menjadi tidak produktif lagi. Padahal, sebelum adanya tanggul tersebut daerah itu merupakan daerah penghasil padi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat bahkan pernah menjadi daerah swasembada beras.

“Sekarang lahan persawahannya sudah banyak yang ditinggalkan karena tidak prodiktif lagi,” terang Evi.

Untuk itu, sambung Evi, pihaknya akan memanggil instansi terkait dan juga pihak perusahaan untuk mencari solusi terkait persoalan tersebut.

“Secepatnya akan kita undang pihak untuk menanyakan dan mencari jalan keluarnya seperti apa,” bebernya.

Selain itu Juwanda juga menyampaikan, hadirnya perusahaan harus memberikan menfaat bagi masyarakat sekitar bukan mudharat.

"Selaku perwakilan rakyat yang dipilih oleh rakyat kami tentu akan tegak dan hadir bersama rakyat," ucap Juwanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: