Tol Jambi Selesai 2023  

Tol Jambi Selesai 2023   

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Sampai saat ini wujud fisik dari pembangunan tol Sumatera di Provinsi Jambi, belum terlihat. Ini karena ada beberapa persoalan yang belum bisa diselesaikan, khususnya pembebasan lahan. Namun, ditargetkan pembangunan fisik baru akan dilaksanakan pada 2022 mendatang.

“Sekarang tahapannya kan sedang jalan, kemungkinan di tahun depan baru pekerjaannya. Tapi kan persoalan lainnya harus diselesaikan,” kata Sudirman Sekda Provinsi Jambi, Kamis (28/10).

Terkait pembebasan lahan, kata dia, lahan tersebut merupakan hak masyarakat yang harus diselesaikan dengan baik. Jika itu telah selesai, baru pembangunan segera dilakukan oleh Hutama Karya (HK) yang mempekerjakan.

“Paling tidak dimulai dulu, karena sekarang sudah masuk dalam penetapan harga dalam pembebasan lahan untuk jalur pembangunan tol tersebut,” tambahnya.

Sudirman menyebutkan, di tahun ini prosesnya tinggal pembayaran, dan diyakini di tahun 2022 nanti pembangunan infrastruktul jalan tol di Jambi akan dibangun.

Sementara, khusus Jambi sendiri bakal diselesaikan pada tahun 2023 mendatang. Lalu, untuk target tol di Sumatera ditarget pada tahun 2024 mendatang. “Kita coba optimis lah untuk pembangunan itu, karena ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” sebutnya.

Diketahui sebelumnya, untuk tol Jambi akan dibangun konektivitas jalan dari pintu keluar atau exit tol. Konektivitas jalan dari exit tol yang akan di bangun tersebut menuju sentra produksi seperti ke kawasan ekonomi kemingking. Kemudian dari exit tol Trans Sumatera menuju pelabuhan ujung jabung. 

“Sekarang dalam proses perencanaan, pembangunan konektivitas jalan ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Jambi,” kata M Fauzi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Jambi.

Empat pintu exit tol dari jalan tol tersebut dua pintu exit tol di Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, kemudian di Desa Bukit Baling, Kabupaten Muaro Jambi dan di Kecamatan Merlung Kabupaten Tanjab Barat. 

Dua ruas jalan konektivitas dari exit tol Trans Sumatera tersebut yakni dari exit tol di Desa Sebapo, Kecamatan mestong menuju kawasan ekonomi kemingking. Kemudian satu ruas jalan dari exit tol di Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjab Barat menuju Pelabuhan Ujung Jabung. 

Dua ruas tol Trans Sumatera di Provinsi Jambi tersebut yakni ruas tol Tempino-Jambi yang merupakan lanjutan dari tol Betung Provinsi Sumatera Selatan dengan panjang 34 kilometer. Kemudian ruas tol Jambi-Rengat yang nantinya akan tersambung dengan tol Rengat Provinsi Pekanbaru dengan panjang 198 kilometer. (slt/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: