Karakter Siswa Target Utama PTM

Karakter Siswa Target Utama PTM

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang telah aktif diberlakukan di sekolah-sekolah Kota Jambi, menimbulkan kelegaan bagi para pendidik. Begitu juga halnya dengan SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Melalui PTM, pihak sekolah berharap dapat mendidik siswa dengan lebih efektif, terutama dalam hal pembentukan karakter.

Kepala SMP Islam Al-Falah Kota Jambi, Tukirat mengatakan bahwa PTM ini merupakan kabar baik bagi para pendidik. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, saat semuanya masih dilakukan secara daring, proses belajar dan mengajar tidak maksimal. Guru hanya bisa memantau siswa dari jarak jauh. Bahkan, itu hanya dari segi akademik saja. Sedangkan karakter siswa yang merupakan hal penting dalam pendidikan, tidak terlalu mendapat perhatian.

“Saya merasa bahwa sistem daring yang lalu, sangat tidak maksimal. Baik bagi para guru yang mengajar, maupun para siswa yang diajarkan. Selain itu, karakter siswa juga kurang terbentuk. Siswa yang seharusnya belajar mandiri, karena berada di rumah dan didampingi orangtua, mereka malah menjadi manja. Dalam hal ini guru tidak dapat melakukan apa-apa, karena jarak tadi,” ujar Tukirat.

Dengan diberlakukannya sistem PTM, walau belum seutuhnya normal, paling tidak guru dapat mendidik siswa dengan lebih efektif. Bukan hanya dalam hal akademik saja, namun guru juga dapat memantau siswa secara langsung. Sehingga, karakter-karakter yang kurang berkenan dari siswa, dapat diubah dan diperbaiki.

“Walaupun anak-anak masih menggunakan sistem shift, namun ilmu yang mereka dapat lebih maksimal dibanding saat daring. Saya berharap, dengan situasi saat ini yang semakin membaik, kualitas pendidikan di Indonesia terutama di Jambi mengalami peningkatan,” tutupnya. (mg15/tav)

TEKS FOTO

NURUL/MG-JAMBI INDEPENDENT

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: