Waspadai Lonjakan Kasus

Waspadai Lonjakan Kasus

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Di saat kasus Covid-19 di Provinsi Jambi mereda, membuat masyarakat mulai terlena. Dari aktivitas yang dilakukan masyarakat, mereka tak mematuhi prokes Covid-19. Tak patuhnya prokes tersebut, setelah pemerintah mulai melonggarkan aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Terkait itu, Gubernur Jambi Al Haris juga merasa khawatir dengan kondisi saat ini. Turunnya kasus Covid-19 ini diikuti dengan tak patuhnya prokes dikeseharian masyarakat. Dengan ini, Al Haris meminta kepada perangkat desa, mulai dari RT sampai ke kecamatan untuk terus mengawasi masyarakat dan mengimbau agar tetap prokes.

Kata dia, dalam beberapa beberapa hari belakang, masyarakat banyak melakukan kegiatan maulid nabi dan beberapa kegiatan lainnya. Di khawatirkan, jika ini tak diimbangi dengan prokes, maka akan terjadi kelonjakan kasus lagi.

“Al Haris mengambil contoh, dalam perayaan Maulid Nabi banyak masjid yang tidak patuh protokol kesehatan. Terutama penerapan 50 persen dari kapasitas masjid.” Kata dia, Rabu (3/11).

Lanjutnya, Ketika musim Maulid Nabi ini banyak daerah yang menyelenggarakan acara. Dia berharap, izin dari Satgas harus tetap taat prokes. Karena ini sesuai dengan arahan Mendagri. Tempat ibadahnya harus terisi hanya 50 persen dari jumlah jemaah.

“Tapi kita masih temui yang belum paham Inmendagri itu. Masih banyak masjid yang masih penuh isinya,” tambahnya. Kemudian ia juga menyoroti pesta pernikahan yang sudah tak lagi taat aturan mengenai protokol kesehatan. Ia menilai, ini akan berpotensi bertambahnya kasus Covid-19 dan status PPKM level bakal naik lagi.

“Pesta pernikahan juga saat ini sudah tak ada lagi aturannya. Ini saya kira dapat menjadi potensi bertambahnya kasus. Kita berharap masyarakat harus tahu itu,” sebutnya.

Al Haris pun mengakui, bahwa saat ini kasus harian Covid-19 sudah menurun sekali. Sehingga ia mengimbau untuk masyarakat tetap waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan di keseharian.

Sementara itu, dari rilis data Satgas Covid-19 Provinsi Jambi, saat ini terdapat 40 kasus Covid-19 yang masih dalam proses penyembuhan. Data ini merupakan data per 2 November lalu. (slt/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: