Program KB Didominasi Wanita

Program KB Didominasi Wanita

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Dalam rangka Hari Kontrasepsi se-dunia dari 26 September–30 November, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Jambi melakukan pelayanan gratis berupa program keluarga berencana.

Dengan adanya program KB ini jelas ideal karena dapat menekan angka kelahiran dan mengendalikan pertambahan penduduk. “Kita juga masih terus berupaya untuk mencapai target yang diberikan oleh provinsi,” kata, Rohmah, Kabid Keluarga Berencana Kota Jambi, Kamis (4/11).

Program KB ini dominan yang akseptor adalah wanita dibandingkan pria. Sebab, laki-laki banyak menggunakan kondom dan jarang yang mau. “Yang paling banyak perempuan sekitar 90 persen dan pria 10 persennya. Pria banyaknya di penggunaan kondom dan untuk MOP atau operasi ini susah untuk mencari yang mau,” ujarnya.

MOP bagi pria ini dikarenakan takut adanya efek setelah operasi dan juga tidak mengetahui apa itu MOP. Maka dari itu, metode operasi pria (MOP) masih nol belum mencapai target.

Selain, ke puskesmas, rumah sakit atau klinik yang sulit di jangkau. Maka, diberikan mobil pelayanan langsung turun ke lapangan dan di klinik DPPKB. Pelayanan ini sesuai permintaan masyarakat dari yang telah didata ataupun tidak, “Semuanya ada di pelayanan tersebut dan gratis kecuali MOW dan MOP itu langsung ke rumah sakit,” tambahnya.

Program MOP untuk pria yang istrinya ada penyakit yang tidak bisa mengikuti program KB. Program KB ini diikuti salah satu dari pasangan suami istri saja.

Tahun sebelumnya, dalam rangka hari kontrasepsi sedunia sudah tercapai 200 persen. Namun, hari ini baru mencapai 85 persen yang khususnya di Kota Jambi. Data yang terkumpul hingga hari ini tercapai sekitar 4.410 dari target 5.816. masing-masing program KB, yakni IUD tercapai 85 dengan target 350, implan tercapai 182 dengan target 100, metode operasi wanita (MOW) tercapai 43 dengan target 85, kondom tercapai 393 dengan target 143, suntik tercapai 2.178 dengan target 3.000 dan pil KB tercapai 1.529 dengan target 1.500. (mg05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: