7 Pemain Kena Covid-19, Indonesia Batal Ikut Piala AFF di Kamboja

7 Pemain Kena Covid-19, Indonesia Batal Ikut Piala AFF di Kamboja

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA – Timnas U-23 Indonesia batal ikut Piala AFF di Kamboja. Terdapat 7 pemain yang kini terinfeksi covid-19.

Keputusan Timnas Indonesia U-23 batal mengikuti turnamen Piala AFF di Kamboja pada 14-26 Februari 2022, disampaikan PSSI, Jumat pagi (11/2/2022).

Kondisi ini membuat Pelatih Shin Tae Yong mengirim surat ke PSSI bahwa Timnas Indonesia batal ikut Turnamen Piala AFF.

Pasalnya, tidak hanya 7 pemain yang terinfeksi covid-19. Masih ada 4 lainnya menjadi kontak erat, karena sekamar.

Dengan jumlah 11 pemain yang menjadi kontak erat dan positif covid-19, tentunya timnas hanya menyisakan 1 orang kiper yakni Muhammad Riyandi.

Namun, Riyandi juga baru selesai menjalani karantina 10 hari. Kiper lainnya, Cahya Supriyadi juga positif covid-19.

Tujuh pemain itu adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Shin Tae Yong Kirim Surat

Sementara empat pemain yang menjadi kontak erat adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Atas kondisi ini, Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23.

Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI. Setelah melalui diskusi antara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong akhirnya diputuskan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di turnamen itu.

Soal keinginan pelatih asal Korea Selatan itu, PSSI meminta semua pihak menunggu hasil polymerase chain reaction (PCR) lebih dulu.

Setelah semua PCR pemain dan ofisial keluar, PSSI baru mengambil keputusan. Shin Tae-yong pun mengaku berterima kasih kepada PSSI karena telah mengerti dan memahami situasi yang terjadi di tim U-23.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujar Yunus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: