Pemkab Tanjab Barat Bakal Usul Festival Arakan Sahur Ramadan Jadi Event Nasional

Pemkab Tanjab Barat Bakal Usul Festival Arakan Sahur Ramadan Jadi Event Nasional

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Wisata religi Festival Arakan Sahur Ramadan di Kota Kualatungkal, Kabupaten Tanjab Barat tahun ini resmi dibuka, hal itu ditandai pemukulan Beduk oleh Wakil Gubernur Jambi, H. Abdullah Sani dan Wakil Bupati Tanjab Barat, Hairan, Sabtu 16 April 2022.

Pemkab Tanjab Barat bakal mengusulkan tradisi yang sudah terun temurun dilaksanakan di kota Kualatungkal tersebut menjadi event Nasional yang digelar setiap menyambut bulan suci Ramadan.

Mulyadi, Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menyebut festival arakan sahur keliling selama ramadhan setiap minggu digelar dikota Kualatungkal, namun terjadi kevakuman semenjak pandemi Covid-19.

"Selama dua tahun vakum, malam hari ini masyarakat Tanjab Barat khususnya Kualatungkal terbalas kerinduan nya menyaksikan kembali secara langsung festival arakan sahur," ujarnya.

BACA JUGA : Transmart Sediakan 3 Jenis Parsel Selama Ramadan 

BACA JUGA : Ustaz Yusuf Mansur Sering "Paksa" Jamaah Sedekah, Ternyata Uangnya Untuk Ini

Mulyadi Berharap, kedepan festival arakan sahur ini menjadi event tingkat provinsi dan akan diusulkan menjadi event nasional.

"Kalau malam hari ini dibuka oleh pak Wagub Jambi, Insya Allah tahun yang akan datang dibuka oleh Kementerian dan sudah menjadi event nasional," harapnya.

Festival arakan sahur yang dimainkan oleh sekelompok pemuda dengan melantunkan harmoni musik tradisional dan property religi yang diarak keliling kota Kualatungkal tersebut sudah menjadi ajang pergelaran oleh Pemkab Tanjab Barat sejak 18 tahun lalu. (Rul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: