Gempa 5,1 SR Guncang Kepulauan Sangihe

Gempa 5,1 SR Guncang Kepulauan Sangihe

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA – Gempa dengan parameter pembaruan magnitudo (M) 5,1 di wilayah Laut Sulawesi, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, pada Jumat (11/2/2022) pukul 21.25 WIB.

Gempa bumi tersebut dipicu aktivitas subduksi lempeng Filipina.

Episenter gempa terletak pada koordinat 5,77° LU ; 124,43° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 154 km arah Barat Laut Kepulauan Marore, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, pada kedalaman 78 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya diterima di Jakarta, Jumat (11/2/2022).

Bambang menjelaskan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki pergerakan kombinasi naik dan mendatar (oblique thrust fault).

Berdasarkan analisis hasil pengukuran percepatan tanah dan pemodelan peta guncangan ini menimbulkan guncangan di daerah Kepulauan Marore, Kendahe, dan Kepulauan Sangihe dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang).(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: