Usulan Warga pada Musrenbang, Realisasi Disesuaikan dengan Anggaran

Usulan Warga pada Musrenbang, Realisasi Disesuaikan dengan Anggaran

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Usulan demi usulan dari warga, diterima oleh Pemerintah Kelurahan Handiljaya saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan. Tak hanya soal pembangunan, namun juga soal pemberdayaan. Namun, dalam realisasinya, kelurahan akan menyesuaikan dengan anggaran yang diterima.

“Usulan demi usulan yang disampaikan, kita tampung dahulu. Karena untuk realisasi dan sebagainya, tentu kita menunggu keputusan dari Pemkot. Dan akan disesuaikan, disampaikan melalui Musrenbang kecamatan dahulu,” ujar Lurah Handiljaya, Herlina.

Herlina mengatakan, usulan tersebut untuk pengerjaan di tahun 2023 mendatang. Sebagai kepala wilayah, ia menyebut akan menyampaikan usulan prioritas saat Musrebang berjenjang nantinya, yakni di tingkat kecamatan, lalu akan diseleksi lagi untuk disampaikan ke tingkat kota.

Sebab, kata dia tak semua usulan dapat tercover. Misalnya saja, untuk usulan pemberdayaan yang disampaikan warga. “Ada warga yang mengusulkan pemberdayaan untuk pelatihan memandikan jenazah, lalu juga terkait pelatihan Lembaga Adat Melayu (LAM) kelurahan,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, usulan tersebut masih diajukan, agar warga dapat teredukasi di lingkungan masyarakat. “Karena mereka ingin nantinya saat ada warga yang meninggal, ada petugas yang memang sudah siap dalam memandikan. Karena kan ada regenerasi, jadi perlu adanya pelatihan. Tapi tetap ditampung dahulu,” bebernya.

Diketahui, selain usulan pemberdayaan, pihaknya juga menerima usulan penambahan lampu jalan, drainase, jalan cor beton, dan Poskamling. (tav/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: