Optimalkan Daya Ekspor Kopi Kerinci

Optimalkan Daya Ekspor Kopi Kerinci

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI JAMBI – Tahun ini, petani kopi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi berhasil melakukan terobosan ekspor kopi ke negara Swiss. Kopi Kerinci yang diekspor ke negara tersebut hasil produksi Koperasi Koerintji Barokah Bersama (KBB) Kerinci binaan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Kopi yang diproduksi koperasi tersebut jenis kopi Arabika Spesialti yang sesuai selera konsumen kopi di Eropa sana. Pemprov terus mendorong keberhasilan ekspor pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menyelenggarakan kegiatan Forum Koordinasi Peningkatan Kinerja Ekspor Daerah, bersama calon eksportir guna meningkatkan daya saing dan kualitas produk kopi yang sampai di pasar internasional.
Kepala Bidang Ekspor dan Pemasaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Deli Rawi mengatakna, pihaknya akan melaksanakan pelatihan Forum Koordinasi Calon Eksportir Kopi dan Turunannya pada bulan ini tanggal 18 tepatnya di Hotel Arafah Kota Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci.

“Tentunya program ini merupakan suatu potensi untuk terus mengoptimalkan daya ekspor di 2022 nanti,” jelas Deli, Sabtu (13/11). Dalam kegiatan tersebut, mereka menggelar pelatihan kepada perusahaan eksportir Koperasi Koerintji Barokah mengenai peluang di pasar internasional untuk produk kopi.

Pelatihan mencakup informasi praktis tentang bagaimana mengekspor ke luar negeri, termasuk apa yang harus dilakukan dan jangan dilakukan dalam ekspor internasional serta bagaimana mengembangkan dan mempertahankan hubungan baik dengan klien internasional. Eksportir kopi di Provinsi Jambi memperoleh wawasan tentang tren konsumen.

Pada pelatihan tersebut, tentu mereka menghadirkan para calon eksportir dan mengundang sejumlah pihak sebagai mitra kerja sama sekaligus menjadi narasumber sesuai keahlian serta bidang masing-masing. (mg14/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: