Universitas Terbuka Jambi Gelar Seminar Akademik dan Wisuda Daerah Secara Daring

Universitas Terbuka Jambi Gelar Seminar Akademik dan Wisuda Daerah Secara Daring

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Universitas Terbuka (UT) Jambi  mengadakan seminar akademik dengan tema "Membangun SDM unggul melalui digital learning ecosystem"   Acara ini diadakan di gedung UT Jambi dan di lakukan secara daring, Sabtu (13/11).

Sebagai narasumber yaitu  Wakil Walikota Jambi Dr. dr. H. Maulana, M.K.M., sedangkan narasumber dari UT Pusat DR.Melani Hartati,S.E,M.Si dan moderator Mulyadi,S.Kom,M.Si. dosen STMIK Nurdin Hamzah.

Dirut UT Drs Muhammad Tahir A,M.M bersama narasumber Wakil Walikota Jambi Dr. dr. H. Maulana, M.K.M.,

Seminar akademik ini diikuti 606 orang merupakan wisudawan yang akan diwisuda pada hari Minggu 14 November 2021.

Direktur UT Jambi, Drs Muhamad Tahir A.M.M  menyampaikan, Universitas Terbuka (UT) telah memberikan layanan penyelengaraan pendidikan tinggi melalui sistem terbuka dan jarak jauh selama 37 tahun.

Selama menempuh perjalanan panjang tersebut, UT telah berevolusi dan melakukan beragam inovasi. UT telah menjelma menjadi lebih modern dalam memberikan layanan pendidikan secara fully online mulai dari registrasi hingga ujian.

“Dalam setiap upaya yang dilakukan oleh UT tentu saja bertujuan untuk semaksimal mungkin meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk dapat menikmati pendidikan tinggi dengan system pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ) dengan beragam karekteristik dan kekhususan tersendiri yang dimiliki UT,” katanya.

Wakil Walikota Jambi Dr. dr. H. Maulana, M.K.M., dalam seminarnya menyampaikan bahwa Revolusi industri 4.0 sering juga di sebut sebagai cyber physical sytem. Revolusi menitikberatkan dengan teknologi dan Revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya guna mencapai efisiensi yang setinggi-tingginya sehingga menghasilkan model bisnis baru berbasis digital.

"Fokus utama dalam revolusi industri 4.0, terdiri dari beberapa bagian antaranya, internet of things, big data, artificial intelligencia, cloud computing dan lainnya sebgainya"katanya.

Selanjutnya DR Melani Hartati,S.E,M.Si menambahkan Interaksi antara manusia yang terlibat dalam suatu sistem dengan perangkat teknologi yang digunakan untuk mendukung seluruh proses pembelajaran sehingga memberikan nilai (value) bagi pelanggan.

"Terlebih lagi tidak ada yang bisa mengelak, saat pandemi covid-19. Ini suatu awal yang dapat mengubah cara pandang atau mindset kita terhadap pendidikan yang berbasis daring. Kreativitas dan produktivitas tetap bisa tercipta melalui daring dan digital ecosystem yang tumbuh subur untuk mendukungnya,” tutupnya. (ikl/muz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: