Pengemudi Diimbau untuk Memanfaatkan Rest Area Saat Merasa Kelelahan

Pengemudi Diimbau untuk Memanfaatkan Rest Area Saat Merasa Kelelahan

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Guna mengantisipasi dan menekan angka kecelakaan, pengendara yang sekiranya merasa kelelahan saat mengemudikan kendaraannya ataupun merasa fisik mereka kurang fit, hendaknya beristirahat sejenak di lokasi tertentu yang merupakan rest area.

Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Tanjab Timur Iptu Rio R Siregar. Dia mengatakan, di berapa titik di sepanjang jalan raya atau jalan lintas antar kabupaten, biasanya terdapat lokasi rest area yang aman untuk pengendara memarkirkan kendaraannya dan juga sebagai lokasi istirahat.

“Kalau pengendara merasa letih atau kurang fit, kami anjurkan untuk beristirahat sejenak dan jangan memaksakan untuk tetap melanjutkan perjalanan. Sebab, resiko besar yang berkaitan dengan kecelakaan, bisa saja terjadi. Kalau fisiknya merasa kurang sehat, lebih baik meminta bantuan rekan terdekat untuk menggantikannya mengendarai kendaraan,” ungkapnya.

Saat memilih lokasi untuk beristirahat, pengendara juga dihimbau untuk memilih tempat yang aman saat memarkirkan kendaraan, dan jangan memarkirkan kendaraan di badan jalan.

Baca Juga: Hadiri Rakernis Ditamobvit, Ini Pesan Kapolda Jambi

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Lebaran, Sopir Travel dan Pengendara Diminta Lebih Waspada Berkendara

“Saat memarkirkan kendaraan untuk beristirahat, pengendara harus memilih tempat yang aman dan jangan memakai badan jalan. Jangan sampai niat mau istirahat untuk menghindari musibah, malah timbul musibah di lokasi yang dijadikan tempat istirahat itu,” imbaunya.

Dirinya juga menegaskan kepada pengendara, agar jangan mengangkut penumpang maupun barang terlalu berlebihan yang melampaui batas aman dari kendaraan itu sendiri. Sebab, kondisi seperti itu juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan. (pan/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: