Orang Gila di Jawa Ngaku dari Jambi

Orang Gila di Jawa Ngaku dari Jambi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Salah satu youtubers asal pulau Jawa dengan channel youtubenya yang bernama Sinau Hurip, yang kerap menyuguhkan konten video yang menampilkan kondisi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menyita perhatian beberapa viewers, khususnya yang berasal dari Provinsi Jambi.

Sebab, di salah satu konten video di channel youtube pria berlogat jawa tersebut terlihat ada salah satu ODGJ yang ditemuinya di sekitaran Pasar Hewan Winong Kidul, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah dan mengaku berasal dari Rantaupanjang, Provinsi Jambi.

Terlihat dalam video tersebut, pria yang mengalami gangguan kejiwaan atau ODGJ tersebut tengah duduk di bawah pohon yang berada di pinggiran jalan raya.

Dari keterangan yang sampaikan dalam video tersebut, pria yang memandu acara dalam video tersebut menyampaikan bahwa dirinya mendatangi ODGJ tersebut berdasarkan adanya laporan dari masyarakat yang melihat adanya ODGJ yang tinggal di bawah pohon di wilayah tersebut.

Dari percakapan pemilik akun tersebut dengan masyarakat sekitar, keberadaan ODGJ di lokasi tersebut sudah sejak satu setengah bulan yang lalu. "Dia keseharian disitu lah, tapi kalau hujan dia pindah," ucap salah satu masyarakat di dalam video tersebut saat ditanyakan pemilik channel YouTube Sinau Hurip.

"Kalau untuk makan, kami warga di sini sering memberinya makan. Jadi ODGJ itu sering dapat makanan yang diantar orang mas," sambungnya.

Saat youtuber tersebut mendekati ODGJ dan mengajaknya berbincang menggunakan bahasa jawa, terlihat ODGJ tersebut terkesan tidak memahami bahasa jawa yang dilontarkan kepadanya.

Begitu pun youtubers tersebut, setelah ia mendengarkan loga bahasa melayu yang disampaikan ODGJ tersebut, dirinya baru mengetahui bahwa ODGJ tersebut bukanlah warga sekitar pulau Jawa.

ODGJ tersebut sempat menjawab pertanyaan dari youtubers tersebut dan mengatakan bahwa dirinya bernama Sapuan yang berasal dari Pulau Sumatera, atau lebih tepatnya di Rantaupanjang, Provinsi Jambi.

Terdengar, ODGJ tersebut beberapa kali mengeluarkan nada bicara dengan ciri khas logat Jambi yakni, "di Jambi lah lamo, siko lah" dan lain sebagainya.

Pria paruh baya yang merupakan ODGJ ini mengaku telah beristri dan memiliki tiga anak. ODGJ itu menganggap, lokasi yang ditempatinya saat ini yang berada di Kabupaten Pati itu adalah Kota Jambi, di mana dilokasi tersebut mirip dengan tempat tinggalnya di Jambi, sebab pemandangan di lokasi tersebut sama dengan kondisi yang ada di Rantaupanjang, Jambi.

ODGJ tersebut mengatakan, dirinya bisa sampai ke wilayah Pati tersebut setelah sempat menumpang mobil dari Pulau Sumatera. Dirinya pun tidak memiliki sanak saudara di wilayah Pati tersebut.

Di pertengahan video tersebut, muncul situasi mencekam. Dimana, ODGJ yang kondisinya kotor dan berantakan akibat tubuhnya yang tidak terawat tersebut tiba-tiba tersulut emosi saat youtubers tersebut hendak melihat salah satu barang bawaan miliknya.

Bukan hanya itu, ODGJ tersebut sempat melempar youtuber tersebut dengan sebongkah batu berukuran cukup besar, beruntung youtuber tersebut dengan sigap mengelak sehingga lemparan ODGJ tersebut meleset dari sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: